Nasional

Menag: Pengusiran Minoritas Ibarat Pemusnahan Manusia

Jakarta, Salafynews.com – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, peminggiran atau bahkan yang lebih buruk yaitu pengusiran terhadap kelompok minoritas oleh mayoritas hampir tak ada bedanya dengan upaya pemusnahan umat manusia.

“Padahal semua orang suci nabi, rasul dan pewaris agama selalu  menunjukkan teladan bagi umatnya untuk mengayomi sesama umat manusia,” kata Menag pada pada pembukaan Christian Conferensi of Asia (Konferensi Kristen se Asia) ke-14 di Hotel Mercure Ancol, Jakarta, Kamis (21/5) malam.

Menag mengatakan, akhir-akhir ini muncul berbagai peristiwa tragis yang menimpa umat manusia di berbagai belahan dunia. “Konflik kekerasan maupun teror telah menjadi isu global yang dapat muncul di mana saja, oleh siapa saja dan mengancam berbagai bangsa, sehingga perlu dihadapi secara bersama-sama,” jelasnya.

Di tingkat regional, lanjut Menag, kita juga sedang menghadapi peminggiran (marginalisasi) kelompok minoritas oleh mayoritas. “Kasus Rohingya, kelompok minoritas di Myanmar adalah salah satu contohnya,” lanjut Menag seperti dikutip kemenag.go.id, Jumat.

Menurut Menag, peminggiran atau marginalisasi kelompok minoritas harus disikapi dengan bijak dan meminimalisir konflik. “Alangkah elok jika pihak mayoritas memiliki empati bahwa kelompok minoritas meskipun berbeda pandangan adalah sama-sama makhluk Tuhan yang berhak menjalani kehidupan di muka bumi,” ujarnya.

Konferensi Kristen se Asia ke-14 yang berlangsung 21 – 26 Mei ini, menurut Dirjen Bimas Kristen Oditha R Hutabarat diikuti 400 peserta dari 21 negara. Hadir pada pembukaan acara, Pengurus Persekutuan Gereja Indonesia (PGI), Huria Kristen Batak Protestan (HKBP), Kepala Pinmas Kemenag Rudi Subiyantoro dan Kepala Biro Umum Syafrizal. (jb)

 

Sumber: ANTARA

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: