Eropa

Menhan Rusia: Tuduhan Turki Provokasi yang Terencana

2 Februari 2016,

SALAFYNEWS.COM, MOSKOW – Juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan tuduhan Turki bahwa pesawat perang Rusia telah melanggar wilayah udara negara anggota NATO tidak berdasar, dan menggambarkan tuduhan itu sebagai “provokasi yang direncanakan.”

“Histeria yang diluncurkan oleh Turki, kita anggap sebagai propaganda yang tidak berdasar, seperti provokasi yang direncanakan,” kata Mayor Jenderal Igor Konashenkov dalam sebuah pernyataan pada hari Senin (1/02). (Baca: Ototritas Swedia Tangkap Kapal Turki Angkut Bahan Peledak dengan Tujuan Timur Tengah)

Dalam pernyataan Konashenkov mengatakan sebaliknya militer Rusia memiliki bukti-bukti akurat barupa rekaman video yang menunjukkan “artileri Turki menembaki sebuah desa di perbatasan Suriah”.

Pernyataan itu menambahkan Kementerian Pertahanan Rusia sedang menunggu penjelasan dari NATO, Pentagon, dan angkatan bersenjata Turki atas insiden penembakan itu.

Kementerian Luar Negeri Turki mengklaim bahwa bomber Su-34 Rusia telah melanggar wilayah udara Turki sehari sebelumnya dan memanggil duta besar negara itu untuk menyampaikan nota “protes dan mengutuk” insiden tersebut.  (Baca: Davutoglu; Rusia Cegah Turki Lakukan Operasi Miiter di Suriah)

Moskow dan Ankara telah berselisih atas perkembangan di Suriah sejak militansi yang didukung asing meletus di negara Arab hampir lima tahun yang lalu.

Turki berusaha menggulingkan pemerintah Suriah sementara Rusia mendukung Damaskus dalam memerangi terorisme. (Baca: Menteri Perminyakan Suriah Bongkar Transaksi Gelap Turki dengan Teroris ISIS)

Ketegangan antara kedua negara semakin meningkat sejak 24 November 2015 lalu, saat Turki menembak jatuh bomber Rusia Su-24 di wilayah udara Suriah. Sementara Turki mngklaim jet Rusia telah memasuki wilayah udara Turki, namun tuduhan ini berkali-kali dibantah dan dibuktikan oleh Moskow.

Menyusul insiden penembakan Su-24, Rusia menghentikan semua kerjasama militer dengan Turki dan memberlakukan sanksi ekonomi pada negara itu. (SFA/AU/PTV)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: