Internasional

Menlu Iran: Dunia Menolak Pencabutan Kewarganegaraan Sheikh Isa Qassim Oleh Rezim Bahrain

Jum’at, 24 Juni 2016,

SALAFYNEWS.COM, TEHERAN – Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif, menyinggung tindakan merugikan hak-hak orang-orang Bahrain oleh rezim, ia menganggap bahwa perampasan kewarganegaraan kepada warga di negara tersebut adalah hal yang tidak dapat diterima.

Selama pertemuan dengan anggota Komite Luar Negeri dan Pertahanan di Senat Perancis, Rabu, mengacu pada perampasan kewarganegaraan oleh rezim yang berkuasa di Bahrain atas Sheikh Isa Qassim, Zarif mengatakan, bahwa “seluruh dunia menentang dan menolak langkah tersebut”. (Baca: Tutupi Kecaman Internasional, Riyadh Otak Pemicu Ketegangan “Sektarian” di Bahrain)

Ia menambahkan bahwa yang menjadi masalah dalam tata kelola pemerintahan di beberapa negara di kawasan adalah ketidakmampuan mereka untuk memenuhi kewajiban politik dan sosial kepada rakyat, ia berkata “jika anda mengungkapkan hal ini sebagai sengketa antara Syiah dan Sunni maka itu sama halnya dengan usaha untuk mengubah arah subjek dan yang menunjukkan bahwa anda tidak ingin menyelesaikan masalah konflik.

Ia mengatakan bahwa Iran berusaha untuk memiliki hubungan baik dengan semua negara tetangganya dan prioritas kami adalah penetapan hubungan regional.

Zarif mengatakan “sedari awal kami berkeyakinan bahwa kawasan membutuhkan kerangka kerjasama dan dialog regional, sehingga kami mengusulkan pembentukan forum dialog antar negara-negara Teluk Persia, yang sedikit menyerupai forum politik Helsinki guna dialog regional”. (Baca: India Tolak Visa Imam Wahabi Untuk Cegah Fitnah Sektarian Yang Biasa Dihembuskannya)

Menteri luar negeri itu menegaskan akan pentingnya mematuhi prinsip-prinsip seperti menghormati perbatasan dan tidak ikut campur tangan dalam urusan internal pihak lain, ia juga mengatakan bahwa usulan Iran untuk dilangsungkannya dialog telah diajukan sejak beberapa tahun yang lalu. (SFA)

Sumber : ar.fna

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: