Nasional

Menlu Pastikan Tak Ada Korban WNI dalam Insiden Bom di Bandara Turki

Rabu, 29 Juni 2016,

SALAFYNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi memastikan tak ada korban jiwa Warga Negara Indonesia (WNI) dalam serangan teror bom di Bandara Internasional Ataturk, Turki, tadi malam.

Retno menjelaskan, sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) Kementerian Luar Negeri, pihaknya langsung berkoordinasi dengan perwakilan Indonesia untuk memastikan keamanan WNI di Turki.

“Berdasarkan informasi yang kita peroleh dari dua perwakilan kita (KBRI dan KJRI), maka diperoleh informasi bahwa sampai saat ini tidak terdapat warga negara Indonesia yang menjadi korban. Tadi pagi saya juga menjalin komunikasi dengan ketua PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia) kita dan dari informasi yang diperoleh sama, bahwa sejauh ini tidak diperoleh informasi adanya korban WNI,” jelas Retno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (29/6/2016).

Bom Istanbul, Puluhan orang berlindung

Lebih lanjut ia mengatakan, ada sebanyak 728 WNI yang berada di Turki dan 310 di antaranya adalah mahasiswa. Mengenai nihilnya korban jiwa WNI, KJRI telah melakukan pengecekan di tempat kejadian perkara (TKP) dan pada beberapa rumah sakit.

“Tadi pagi setelah kejadian, KJRI Istanbul telah berada di bandara, mendatangi beberapa rumah sakit dan berkoordinasi dengan otoritas keamanan setempat, untuk mendapatkan informasi yang lebih benyak mengenai kemungkinan-kemungkinan apakah ada korban WNI,” tutur dia.

Atas kejadian ini, Retno menyampaikan keprihatinan Pemerintah Indonesia sekaligus kecaman terhadap tindakan tak berperikemanusiaan tersebut. “Pemerintah Indonesia mengecam keras tindakan teror yang terjadi di Bandara Ataturk Istanbul, yang sudah memakan korban jiwa meninggal 36 orang dan luka-luka 147. Terdapat kemungkinan jumlah korban akan meningkat lagi,” tukas Retno. (SFA)

Sumber: Okezone

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: