Eropa

Menlu Rusia; Penggulingan Assad Bertentangan Dengan Resolusi PBB

MOSKOW, Salafynews.com – Menteri luar negeri Rusia mengatakan menggulingkan Presiden Bashar al-Assad untuk menyelesaikan krisis Suriah, merupakan pelanggaran terang-terangan terhadap resolusi Dewan Keamanan PBB. (Baca Rusia Bangkit Kembali Sebagai Negara Super Power)

“Penggulingan rezim yang berkuasa di Damaskus akan menjadi pelanggaran paling keras dari resolusi Dewan Keamanan PBB yang telah disepakati di Jenewa pada tanggal 30 Juni 2012,” kata Sergei Lavrov pada hari Senin.

Dia menambahkan bahwa PBB menetapkan “hanya damai sarana politik dan diplomatik” untuk mengakhiri konflik di Suriah, dan menegaskan bahwa penggulingan sporadis oleh beberapa pemerintah untuk penyelesaian krisis militer di Suriah adalah “pelanggaran hukum internasional.” (Baca Eksklusif; Menhan Rusia Rilis Video-Video Serangan di Suriah)

Lavrov juga menolak klaim bahwa Rusia telah menargetkan oposisi yang didukung Barat yang beroperasi di Suriah, termasuk apa yang disebut Tentara Pembebasan Suriah (FSA).

Dia menambahkan bahwa Moskow siap untuk “menjalin kontak dengan (FSA) jika itu benar-benar sebuah kelompok militer oposisi dan patriotik yang terdiri dari orang-orang Suriah.”

“Sejauh ini belum ada yang mengatakan kepada kami di mana dan bagaimana ini tentara FSA beroperasi atau di mana dan bagaimana unit lain dari oposisi moderat beroperasi,” kata Lavrov. (Baca Rusia Diantara Dilema Barat dan Kelompok Takfiri di Suriah)

Lavrov mengatakan ia telah diberitahu bahwa koalisi yang dipimpin AS memiliki beberapa kesempatan untuk menyerang ISIS, namun itu tidak dilakukan.

AS dan beberapa sekutu Arabnya telah mengklaim melakukan serangan udara terhadap ISIS di Suriah sejak September lalu. Presiden Suriah Bashar al-Assad, dalam sebuah wawancaranya, mengatakan serangan yang dipimpin AS adalah kontraproduktif. Dia juga mengatakan serangan mereka telah mengakibatkan penyebaran terorisme di Suriah.

Suriah telah dicengkeram oleh militansi yang didukung asing sejak Maret 2011 yang ditujukan untuk menggulingkan pemerintah Presiden Bashar al-Assad, yang telah merenggut nyawa lebih dari 250.000 orang sejauh ini. (SFA/PTV)

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Kunjungan Mendadak Putra Mahkota ke Rusia | SalafyNews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: