Internasional

Menlu Saud al-Faisal Dipecat atas Kasus Peretasan “Cyber Yaman”

Salafynews.com, RIYADH – Wartawan Arab ternama, Abdel Bari Atwan menyebutkan bahwa mantan Menteri Luar Negeri Saud al-Faisal kemungkinan besar dipecat dari posisinya karena dianggap tidak becus bertugas akibat kasus peretasan Pasukan Cyber Yaman terhadap kementriannya di bulan Mei lalu.

“Kementrian Luar Negeri memang dua bulan yang lalu telah mengakui bahwa situs internetnya  diretas Pasukan Cyber Yaman, dan mungkin inilah alasan mengapa Saud al-Faisal yang sudah menjabat selama 40 tahun dilengserkan atau pensiun,”  ungkap pimpinan redaksi surat kabar berbahasa Arab, Rai al-Youm itu, pada hari Senin(22/6) kemarin.

wartawan Abdul Bari

Wartawan Arab ternama Abdel Bari Atwan

Atwan menegaskan bahwa langkah WikiLeaks untuk merilis lebih dari setengah juta dokumen yang didapatnya dari Pasukan Cyber Yaman yang meretasnya dari Kemenlu Saudi adalah Gempa Bumi bagi kerajaan Arab tersebut.

Kementrian Luar Negeri Saudi memang telah diretas oleh Pasukan Cyber Yaman pada bulan Mei, dan salinan-salinan informasi yang didapat telah dikirim ke FNA dan juga kepada  situs whistleblower WikiLeaks beberapa hari yang lalu.

Akhir Mei lalu, Pasukan Cyber Yaman merilis sebagian kecil informasi-informasi serta dokumen-dokumen yang berhasil diretas dalam serangan cybernya terhadap Kemenlu, Kemenhan dan Kemendagri Saudi Arabia.

Menyusul peretasan pada bulan Mei, Pasukan Cyber Yaman kemudian mengirim salinan informasi yang didapat kepada FNA dan website whistleblower WikiLeaks.

Pasukan Cyber Yaman mengklaim berhasil meretas akses jaringan Kementrian Urusan Luar Negeri Saudi (MOFA) dan memiliki kendali penuh terhadap 3000 komputer, server-servernya dan juga ribuan penggunanya. Mereka juga mengklaim memiliki akses terhadap email-email yang berisi informasi baik personal ataupun informasi-informasi dari ribuan staff dan diplomat dalam berbagai misi mereka di seluruh dunia. [/FNA/SFA] 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: