Internasional

Menlu Saudi: Bashar Assad Harus Hengkang atau Kami Perangi

Rabu, 18 Mei 2016,

SALAFYNEWS.COM, RIYADH – Menteri luar negeri Saudi, Adel al-Jubeir, Selasa (17/05), meminta untuk mempertimbangkan sejumlah opsi pengganti, termasuk opsi militer (perang) untuk menyingkirkan atau mengusir Presiden Suriah Bashar al-Assad dari kekuasaan saat upaya politik untuk menyelesaikan konflik Suriah mengalami kegagalan. (Baca: Friedman: Ide Gulingkan Bashar Assad adalah Sebuah Gagasan Gila)

Jubeir telah mengadakan sejumlah pertemuan bilateral di ibukota Austria, Wina, di sela-sela pertemuan tingkat menteri dari kelompok dukungan internasional pada Suriah ia bertemu dengan sejumlah menteri, termasuk Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, Menteri Luar Negeri AS John Kerry, Perwakilan Tinggi untuk Kebijakan Luar Negeri dan Keamanan Uni Eropa, Federica Mogherini, Menteri Luar Negeri Kanada, Stephane Dion, Menteri Luar Negeri Perancis Jean-marc Ayrault, Menteri Luar Negeri Yordania, Nasser Judeh, sebagaimana pula ia mengadakan pertemuan trilateral dengan Kerry dan Mogherini.

Jubeir mengatakan dalam sebuah pernyataan pers, yang dikutip oleh surat kabar elektronik Saudi “Al Jazeera”, bahwa “jika Assad tidak merespon sejumlah persyaratan gencatan senjata yang ada maka harus dipertimbangkan beberapa opsi, kepergian Assad akan terjadi melalui proses politik atau aksi militer”. (Baca: Isu Sektarian Senjata Ampuh Barat-Arab Saudi Hancurkan Suriah dan Assad)

Ia menambahkan pula, “mereka yang terlibat dalam mendukung oposisi moderat Suriah secara militer sampai akhir … dan setiap solusi yang tidak mencakup kepergian Assad, maka Arab Saudi menganggap bahwa itu merupakan solusi yang tidak serius”, seperti dilansir Arabic.SputnikNews (17/05).

Jubeir mengatakan bahwa negaranya dan beberapa sekutunya masih terus berkomitmen dengan pernyataan “Jenewa-1” yang mencatat bahwa kepergian (hengkang) Presiden Assad dari kursi kekuasaan di Suriah adalah sebuah keharusan. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: