Internasional

Menlu Suriah; Tidak Ada Masa Transisi di Suriah

SURIAH, Salafynews.com – Masa transisi di Suriah sudah keluar dari pertanyaan, karena Presiden Bashar Assad adalah pemimpin yang sah, kata wakil menteri luar negeri Suriah pada, Selasa, 03/11/15.

“Tidak ada masa transisi. Terdapat lembaga resmi yang berfungsi,” kata Faisal Miqdad di Tehran dalam kunjungan resminya, demikian menukil kantor berita Suriah SANA.

“Kita berbicara tentang dialog nasional, yaitu pemerintahan diperbesar dan proses konstitusional, bukan masa transisi,” tambahnya.

Pernyataan Miqdad usai putaran perundingan internasional di Wina pekan lalu untuk membahas akhir potensi konflik empat tahun di Suriah.

Sebuah pemerintahan transisi dengan melengserkan Assad sudah lama dibahas yang oleh AS dan sekutu dianggap satu-satunya jalan menuju proses perdamaian untuk mengakhiri konflik Suriah, dari awal tahun 2012, ketika kekuatan dunia bertemu di Jenewa.

Namun, nasib Assad dalam pertemuan Jumat kemarin menjadi titik didih dalam diskusi untuk mengakhiri konflik. Iran dan Suriah mengatakan, hanya rakyat Suriah yang berhak menentukan nasib dan masa depan Assad di Suriah.

“Presiden Bashar Assad adalah presiden yang sah dipilih oleh rakyat Suriah, dan dunia harus menghormati kehendak itu,” kata tegas Miqdad.

Berbeda dengan kelompok oposisi dukungan AS, Saudi, Turki dan Qatar, yang mengangkat senjata, oposisi lain dan para pendukungnya bersikeras Assad tidak berhak dan berperan dalam penentuan masa depan negara. [Sfa/Ptv]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: