Asia

Mesir-China Rencanakan Kerjasama Masa Depan

KAIRO, Salafynews.com – Kantor pemerintahan Presiden Abdel Fattah El-Sisi Mesir, pada hari Sabtu (8/8) kemarin mengeluarkan sebuah pernyataan bahwa China bisa memainkan peran penting dalam beberapa proyek besar pembangunan di Mesir.

Pernyataan itu dikeluarkan setelah terselenggaranya pertemuan antara Presiden el Sisi dengan menteri kebudayaan China yang dikirim ke Kairo sebagai utusan khusus Presiden Xi Jinping.

2015-635747243070582884-58Harian al-Ahram melansir pernyataan Juru bicara kepresidenan, Alaa Youssef yang menyatakan bahwa proyek tersebut meliputi proyek zona terusan Suez, yang bertujuan untuk menciptakan sebuah pusat industri dan logistik di sekitar kanal, dan juga proyek reklamasi tanah satu juta feddan.

El-Sisi sendiri diharapkan untuk terbang ke China bulan depan guna menghadiri perayaan 70 tahun peringatan berakhirnya Perang Dunia II.

Sementra itu, Menteri Kebudayaan China, Luo Shugang memuji terusan Suez yang baru, sebagai sebuah perpanjangan jalur air penting yang dibuka dengan perayaan serta upacara mewah minggu lalu, dan mengatakan bahwa proyek tersebut akan membawa dampak positif bagi lalu lintas perkapalan untuk China dan dunia.

Otoritas terusan Suez menyatakan bahwa sebelum perluasan, jalur laut buatan itu memang sudah menjadi rute perkapalan tercepat antara Eropa dan Asia dan digunakan oleh 8 persen lalu lintas perkapalan dunia.

Desember lalu, Mesir dan China telah menandatangani kesepakatan kemitraan strategis di Beijing dalam kunjungan pertama presiden Mesir tersebut ke negara ekonomi terbesar kedua di dunia itu. Kemitraan strategis tersebut meliputi kerja sama antara kedua negara di bidang ekonomi, perdagangan, listrik dan industri. (lm/ahramonline/SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: