Internasional

Mesir Dukung Rusia Perangi Teroris ISIS di Suriah

KAIRO, Salafynews.com – Mesir melalu Kementerian Luar Negerinya mengatakan serangan udara anti-teror Rusia di Suriah akan membatasi penyebaran terorisme dan pukulan besar bagi kelompok teroris ISIS.

“Masuknya Rusia dalam perang melawan ISIS akan berpengaruh besar pada perubahan di Suriah dan semenanjung Arab, mengingat kemampuan potensial yang dimiliki Rusia dan efek yang akan kita lihat dalam pemberantasan terorisme di Suriah” kata Menteri Luar Negeri Mesir Sameh Shoukry dalam sebuah wawancara televisi yang disiarkan pada hari Sabtu.

Pernyataan Shoukry ini adalah tanda terbaru dari mencairnya hubungan antara Rusia dan Mesir. Selama kunjungan resmi Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sisi ke Rusia pada bulan Agustus lalu. Kairo dan Moskow sebelumnya sama-sama menyerukan pembentukan koalisi untuk melawan terorisme di Timur Tengah.

Moskow memulai kampanye militernya melawan teroris di Suriah pada 30 September atas permintaan dari pemerintah Damaskus, tak lama setelah majelis tinggi parlemen Rusia memberi mandat kepada Presiden Vladimir Putin untuk menggunakan kekuatan militer di Suriah.

Pada hari Jumat (2/10), Putin mengatakan salah satu tujuan utama dari kampanye udara Moskow di Suriah adalah untuk melestarikan keutuhan wilayah negara Arab.

Menteri Luar Negeri Suriah Walid al-Muallem juga memuji serangan udara Rusia sebagai partisipasi “efektif” dalam perjuangan bangsa Arab melawan kelompok-kelompok ekstremis Takfiri, yang telah melakukan kejahatan keji di Suriah dengan dukungan dari negara-negara Barat dan sekutu regional mereka sejak 2011.

Teroris ISIS mengontrol sebagian daerah di Suriah dan negara tetangga Irak. Kelompok ekstrimis juga telah melakukan serangan teror di negara-negara lain di dunia, termasuk Mesir, melalui afiliasinya.

Mesir, negara yang paling-terpadat di dunia Arab, yang menanggung beban kegiatan teror ISIS yang bergolak di Semenanjung Sinai. Di mana afiliasi kelompok teroris, yang dikenal sebagai Velayat Sinai, terus melakukan serangan mematikan terhadap pasukan keamanan Mesir dan warga sipil. (SFA/PTV)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: