Eropa

Mogherini; Uni Eropa Ekspor Teroris ke Suriah dan Irak

MOSKOW, Salafynews.com – Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Federica Mogherini mengatakan Uni Eropa telah berubah menjadi eksportir terorisme ke negara-negara yang terkena krisis seperti Irak dan Suriah.

“Kenyataannya adalah bahwa benua kita mengekspor terorisme,” kata Mogherini pada konferensi tahunan Institut Studi Keamanan Uni Eropa pada hari Jumat (9/10).

Semakin banyak teroris asing di Irak dan Suriah yang datang dari berbagai negara Eropa, dan kegagalan Barat dalam menghentikan aliran militan ke wilayah tersebut – yang sebagian besar melalui perbatasan Turki. Pemerintah Barat khawatir bahwa militan yang telah mengenyam pengalaman tempur bisa saja melakukan serangan teroris setelah mereka kembali ke negara asal.

Mungkin ada sekitar 5.000 orang Eropa yang ikut bergabung bersama kelompok-kelompok ekstremis di Irak dan Suriah, menurut Soufan Grup yang berbasis di New York dan International Center yang berbasis di London untuk Studi Radikalisasi dan Politik Kekerasan.

Bulan lalu, New York Times mengutip pejabat intelijen AS yang mengatakan bahwa sekitar 30.000 gerilyawan lebih dari 100 negara, termasuk lebih dari 250 orang Amerika, telah melakukan perjalanan ke Suriah dan Irak sejak 2011 untuk bergabung dengan jajaran kelompok teroris Takfiri.

Bagian utara dan barat Irak telah diguncang kekerasan yang mengerikan sejak kelompok teroris ISIS memulai kampanye teror mereka di negara itu pada Juni 2014.

Di Suriah, kelompok-kelompok yang disponsori asing, yang berkobar sejak bulan Maret 2011, telah merenggut lebih dari 250.000 jiwa hingga sekarang, menurut laporan PBB. (SFA/PTV)

3 Comments

3 Comments

  1. Pingback: Pemberontak Suriah Hanya Cerita Dongeng Barat | SalafyNews

  2. Pingback: Pemberontak Moderat Suriah Hanya Bualan Barat | VOA ISLAM NEWS

  3. Pingback: Pertemuan dengan Delegasi Eropa, Assad: Kebijakan Kalian Bela Teroris Rugikan Rakyat | ISLAM NKRI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: