Eropa

Moskow-Teheran Tandatangani Kesepakatan Militer Besar-Besaran

17 April 2016

SALAFYNEWS.COM, MOSKOW – Moskow dan Teheran sedang mempersiapkan penandatanganan kesepakatan militer besar-besaran, termasuk membekali Iran dengan jet tempur Su-30 dan tank T-90. Kedua belah pihak juga membantah informasi tentang kunjungan komandan Garda Revolusi Iran, Jenderal Qassem Soleimani, ke Moskow dan pertemuannya dengan Presiden Vladimir Putin.

Sebelumnya, kantor berita Rusia Tass mengutip keterangan seorang sumber di Kedutaan Besar Iran di Moskow, menyebutkan bahwa Menteri pertahanan Iran Jenderal Hossein Dehghan akan melangsungkan pertemuan  khusus dengan rekan Rusia-nya Sergei Shoigu, membahas pengembangan kerjasama militer antara kedua negara, disebutkan bahwa Dehghan akan mengunjungi Moskow pada tanggal 26 bulan ini untuk berpartisipasi dalam konferensi tentang Keamanan Internasional yang diselenggarakan oleh Kementerian pertahanan Rusia.

Sumber itu menambahkan bahwa Teheran tertarik untuk membeli jet tempur modern Su-30 dan tank T-90 yang merupakan generasi terbaru dalam industri tank Rusia.

Sementara itu Washington telah menyampaikan protesnya beberapa hari yang lalu terhadap pasokan jet tempur Sukhoi kepada Teheran, sejumlah sumber mengatakan kepada surat kabar Alhayat bahwa tidak menutup kemungkinan Iran akan mengajukan permohonan pembelian sistem rudal S-400 untuk kesekian kalinya, meski Moskow menolak untuk membahas masalah tersebut.

Wakil Perdana Menteri Rusia, Dmitry Rogozin, mengatakan bahwa di awal pekan ini Teheran telah menerima kiriman pertama dari sistem rudal S-300, dengan itu mengakhiri kontroversi dan kesamaran terkait operasi tersebut, setelah muncul bermacam-macam keterangan Iran dalam hal ini. [Sfa]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: