Internasional

MSF; 4.400 Pasien Dialisis Menghadapi Kematian di Yaman

Rabu, 27 Juli 2016

SALAFYNEWS.COM, YAMAN – Dokter Tanpa Batas (MSF) telah memperingatkan bahwa perang Arab Saudi melawan Yaman telah membawa pusat pengobatan negara miskin itu, dialisis ke titik terendah.

Pada hari Selasa, organisasi medis internasional memperingatkan bahwa 4.400 orang berada dalam bahaya baik karena gagal ginjal atau pun penyakit lainnya, karena kurangnya pasokan di pusat-pusat medis.

Sejak awal serangan Saudi, para dokter telah berjuang untuk mendapatkan ketentuan medis, terutama yang diperlukan untuk sesi dialisis. Tapi, agresi Saudi, larangan impor dan blokade laut dan udara telah membatasi sistem kesehatan negara itu.

“Orang-orang yang terkena gagal ginjal berada pada kondisi kritis karena kurangnya pasokan medis penting di negara ini,” kata William Turner, kepala MSF di Yaman. “Pasien biasanya membutuhkan tiga sesi dialisis per minggu, tetapi dalam keadaan saat ini, telah dikurangi menjadi dua sesi.”

Turner juga meminta organisasi-organisasi internasional untuk meningkatkan bantuan ke pusat-pusat dialisis negara.

“Yang terpenting saat ini adalah menerima pasokan medis yang teratur sehingga mereka dapat terus memberikan pengobatan untuk menyelamatkan nyawa. Perang telah melumpuhkan kemampuan keuangan sistem kesehatan untuk mengimpor pasokan yang diperlukan, membuat kebutuhan untuk dukungan eksternal dari prioritas tertinggi,” katanya.

MSF saat ini memasok pasokan medis untuk empat pusat dialisis di seluruh negeri dan akan terus memberikan persediaan yang dibutuhkan untuk pengobatan 660 pasien selama enam bulan ke depan. Tapi, 28 pusat yang tersisa di negara itu menderita kekurangan ekstrim.

“Jika pasien tidak mendapatkan sesi mingguan mereka, mereka akan mati – sesederhana itu,” kata Dr Adel Al Hagami, kepala pusat dialisis di sebuah rumah sakit di Sana’a. [Sfa]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: