Nasional

NU Lawan Fatwa Haram “BPJS” MUI

JOMBANG, Salafynews.com – Setelah dihantam kritik dari berbagai penjuru, pengharaman Majelis Ulama Indonesia (MUI) terhadap BPJS Kesehatan makin kabur. Cara pandang sempit MUI kian tak relevan setelah Nahdlatul Ulama (NU) mengeluarkan fatwa halal terhadap BPJS.

NU_BPJS_HalalDikutip dari situr resmi Muktamar NU ke-33, muktamarnu.com, keputusan ormas Islam terbesar di Indonesia itu diambil dalam proses istinbath (menggali hukum syari’ yang belum ditegaskan secara langsung oleh Al-Quran atau Hadits dengan tetap berada di atas kendali Al-Quran dan Hadits itu sendiri) dalam sidang Komisi Bahtsul Masail yang digelar di arena Muktamar NU ke-33 di Pesantren Bahrul Ulum, Tambakberas, Jombang, Jawa Timur, 3 Agustus 2015.

“BPJS itu bukan asuransi yang menjadi dasar dari fatwa haram MUI. BPJS tergolong dalam konsep Syirkah Ta’awun yang sifatnya gotong royong atau saling membantu,” tutur salah satu pimpinan sidang Komisi Bahtsul Masail, KH Asyhar Shofwan.

Dilanjutkannya, BPJS sebagai Syirkah Ta’awun tidak bisa dikategorikan sebagai asuransi yang tujuannya untuk mencari profit. [NU/MN/SFA]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: