Amerika

Obama : Ada Kemungkinan Bom Yang Menjatuhkan Pesawat Rusia

WASHINGTON, Salafynews.com – Presiden AS Barack Obama hari Kamis (5/11) kemarin mengisyartkan bahwa kecelakaan pesawat Rusia di Sinai karena bom yang ditanam dalam pesawat.

Obama mengatakan kepada radio Kiro yang tergabung dalam perusahaan CBS: “Saya berpikir ada kemungkinan keberadaan bom di dalam pesawat”.

Ia menambahkan: “sebelum kami mengeluarkan pernyataan akhir, kami akan meluangkan banyak waktu untuk memastikan bahwa badan-badan intelijen dan penyidik ​​kami akan dapat mengungkap kebenaran tentang apa yang terjadi, namun yang pasti ada kemungkinan bahwa ada bom dalam pesawat tersebut”.

Di sisi lain salah satu pejabat AS mengatakan kepada CNN bahwa Informasi hasil intelijen menunjukkan bahwa seseorang di bandara Sharm el-Sheikh ikut terlibat dan membantu penanaman bom di pesawat Metrojet milik Rusia, yang akan melakukan perjalanan dari Sharm el-Sheikh ke St. Petersburg, Rusia, tetapi meledak di udara dan menewaskan semua penumpang yang berjumlah 224 orang.

Informasi intelijen juga menunjukkan bahwa organisasi teroris ISIS atau salah satu dari kelompok tersebut yang menanam bom di pesawat Rusia.

Pejabat AS mengatakan bahwa indikasi keterlibatan ISIS bersandar pada pemantauan pesan internal kelompok teroris tersebut.

Namun, biasanya ISIS mengumumkan dengan gencar tentang bagaimana kronologi dalam melakukan serangan dan siapa dari para pengikutnya yang melakukan serangan tersebut.

Beberapa pengamat meyakini bahwa tidak adanya laporan detail dan minimnya keterangan yang disampaikan oleh ISIS menimbulkan keraguan tentang klaim kelompok teroris tersebut bahwa mereka yang bertanggung jawab atas peristiwa itu.

Sementara pejabat di Mesir dan Rusia mengatakan tidak ada bukti yang mendukung klaim ISIS. Menteri penerbangan sipil Mesir Hossam Kamel menyampaikan keterangan bahwa para penyidik tidak menemukan bukti yang mendukung klaim bahwa sebab jatuhnya pesawat adalah bom. [Sfa/Raialyoum]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: