Amerika

Obama; Kami Semua Dukung Israel

WASHINGTON DC, Salafynews.com – Presiden Amerika Serikat Barrack Obama sekali lagi mengekspresikan dukungan penuh Amerika untuk Israel dengan mengatakan bahwa “semua orang harus tahu, bahwa kami semua mendukung Israel”. (Baca Dari Mana Israel Membeli Minyak?)

Obama membuat pernyataan ini pada hari Jum’at(28/8) kemarin, saat ia berbicara dalam webcast yang diselenggarakan oleh Federasi Yahudi Amerika Utara dan Konferensi Presiden Organisasi utama Yahudi Amerika.

Presiden AS itu mengatakan bahwa ia berkomitmen untuk untuk menjaga militer Israel di Timur-Tengah. Ia juga mengumpamakan ketidak sepakatan Washington dan Tel Aviv mengenai nuklir Iran itu hanyalah seperti perseteruan dalam sebuah keluarga. (Baca Analis; Amerika dan Israel Berusaha Melumpuhkan Kemajuan Iran)

“Seperti layaknya semua keluarga, terkadang mereka mengalami perbedaan pendapat,” ungkap Obama kepada para pemimpin Yahudi Amerika,” Dan terkadang orang-orang terlihat lebih marah saat berdebat dengan keluarga daripada dengan yang bukan keluaraga,” tambahnya.

c81bf1dd-7812-40c8-b429-b4a3cec6d540Iran dan negara-negara kuat dunia mencapai kesepakatan nuklir di ibukota Austria, Wina pada 14 Juli lalu. Obama saat ini sedang berusaha meloloskan kesepakatan nuklir ini dalam kongres yang didominasi partai Republik yang kini sedang meninjau kembali mengenai kesepakatan itu dan mungkin akan melakukan pemungutan suara tentang hal itu nanti di bulan September. (Baca 50.000 Orang Tandatangani Petisi Penangkapan PM Israel Netanyahu)

Lobi-lobi Israel di Amerika Serikat telah melancarkan kampanye masif untuk mengacaukan kesepakatan bersejarah itu dalam kongres. Obama menyerukan para penentang kesepakatan itu untuk mengevaluasi berdasarkan fakta.

“Saya hanya ingin menyarankan dalam suasana perdebatan ini, bahwa semua orang sebaiknya perlu mengingat bahwa kita semua mendukung Israel,” ucapnya, “Kita harus memastikan bahwa kita tidak menentang motivasi rakyat.”

“Memahami bahwa terlepas dari posisi yang diambil masyarakat mengenai masalah ini, persahabatan dan cinta antara orang Israel dan orang-orang Amerika yang memanifestasikan dirinya dalam banyak cara yang berbeda, tidak akan berubah,” ucapnya.

Obama juga meramalkan bahwa kebijakan AS dan Israel terhadap Iran akan kembali satu suara dengan cepat. Dia juga menuduh Iran, dengan mengatakan bahwa negara itu bertentangan dengan Washington.

Dalam sebuah wawancara dengan Press TV pada hari Kamis sehari sebelum pernyataan Obama, sarjana Amerika Richard A. Falk mengatakan, pemerintahan Obama tampaknya melengkapi Israel dengan senjata tangguh sebagai kompensasi atas kesepakatan nuklir Iran. (SFA/PTV/LM)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: