Internasional

Oman dan Iran Lakukan Kerjasama Bilateral Untuk Meredam Situasi Memanas di Kawasan

21 Februari 2016,

SALAFYNEWS.COM, TEHERAN – Melihat perkembagan kawasan di TimurTengah semakin memanas, Oman dan Iran melakukan kerjasama bilateral. Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif telah menjelaskan hubungan Iran-Oman sebagai sebuah teladan di kawasan, Teheran dan Muscat tertarik untuk memperluas hubungan di berbagai bidang ini sebuah kontribusi bagi perdamaian dan keamanan regional dan internasional, PressTV (20/02).

Berbicara saat konferensi pers bersama dengan Menteri Luar Negeri Oman Yusuf bin Alawi bin Abdullah di Teheran pada hari Sabtu (20/02), Zarif menambahkan bahwa Iran menganggap tidak ada batas untuk lakukan perluasan hubungan dengan Oman di semua sektor.

“Oman adalah mitra yang baik dan dapat diandalkan, kami akan menjaga hubungan ini di semua bidang, yang akan bermanfaat bagi kawasa dan perdamaian serta keamanan internasional,” kata menteri Iran.

Dia menambahkan bahwa kunjungan menteri luar negeri Oman ke Teheran menunjukkan bahwa kedua belah pihak melihat pentingnya untuk promosi kerjasama, khususnya dalam perdagangan, komersial dan ekonomi bidang serta investasi bersama.

Selama perjalanan, delegasi Oman, dan para pejabat kedua negara akan membahas cara-cara untuk membuka lembaran baru dalam kerjasama yang luas, ramah dan persaudaraan, katanya.

Zarif menambahkan bahwa Iran dan Oman akan melaksanakan proyek janga pendek, menengah dan jangka panjang. Dia mencatat bahwa kerjasama bilateral dan multilateral serta isu-isu regional yang dibahas dalam pembicaraan dengan Oman.

Pemimpin delegasi Oman, Yusuf bin Alawi bin Abdullah tiba di Teheran pada hari Sabtu (20/02) pagi yang rencananya lakukan kunjungannya selama dua hari, serta akan mengadakan pembicaraan dengan para pejabat senior Iran. Oman telah memainkan peran positif dalam perundingan nuklir antara Iran dan kelompok P5 + 1 negara. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: