Internasional

Oman, Pintu Masuk Bantuan Kemanusiaan ke Yaman

Salafynews.com – Bulan Sabit Merah Iran (IRCS) telah mengirimkan bantuan kepada masyarakat Yaman melalui Oman, karena Arab Saudi terus memblokir pengiriman bantuan kemanusiaan Iran ke negara-perang yang didera krisis.

Sekretaris IRCS, Jenderal Ali Asghar Ahmadi mengatakan, pada hari Minggu, rute udara lain telah dipilih untuk pengiriman bantuan kemanusiaan ke Yaman karena blokade Arab Saudi di jalur utama.

“Pembicaraan telah diselenggarakan dengan Oman sehingga kargo bantuan yang dikirim oleh Iran akan sampai di tangan orang-orang Yaman melalui negara ini,” kata Ahmadi.

Pejabat itu mencatat bahwa bantuan IRCS akan dikirim ke Yaman melalui badan amal di Oman.

Dia mengatakan bantuan kemanusiaan telah dikirim ke Oman bekerjasama dengan Kementerian Luar Negeri Iran. Ia mengungkapkan harapan bahwa bantuan tersebut akan segera dibagikan kepada warga Yaman yang sangat membutuhkan.

Komentar Ahmadi muncul setelah Arab Saudi pada tanggal 28 April memaksa sebuah pesawat kargo Iran yang membawa bantuan medis dan pangan untuk korban di Yaman agar kembali.

Pesawat Iran, yang sebelumnya telah menerima izin dari pejabat penerbangan Oman dan Yaman untuk menyeberang ke wilayah udara Yaman, tidak bisa mendarat di bandara internasional di ibukota Yaman, Sana’a.

Perkembangan itu terjadi kurang dari seminggu setelah jet tempur Saudi menghalangi pesawat Iran, yang membawa bantuan kemanusiaan ke Yaman dan mencegahnya memasuki wilayah udara Yaman pada 22 April.

Seorang pria Yaman mencari korban selamat di bawah reruntuhan di rumah yang hancur akibat serangan udara Saudi di daerah perumahan di kota pelabuhan Aden Dar Saad pinggiran pada tanggal 2 Mei 2015. (Sumber: AFP)

Seorang pria Yaman mencari korban selamat di bawah reruntuhan di rumah yang hancur akibat serangan udara Saudi di daerah perumahan di kota pelabuhan Aden Dar Saad pinggiran pada tanggal 2 Mei 2015. (Sumber: AFP)

Arab Saudi mulai agresi militer terhadap Yaman pada 26 Maret – tanpa mandat PBB – dalam upaya untuk melemahkan gerakan Ansarullah serta untuk mengembalikan kekuasaan mantan presiden buronan negara, Abd Rabbuh Mansur Hadi, sekutu setia Riyadh.

Saudi mengklaim serangan udara hanya menargetkan posisi militer. Namun, laporan menunjukkan serangan tersebut juga menyasar warga sipil dan infrastruktur di daerah-daerah sipil.

Dalam laporan terbaru, Human Rights Watch mengatakan bukti menunjukkan Arab Saudi telah menggunakan bom cluster di provinsi utara Sa’ada dalam beberapa pekan terakhir.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, 1.244 warga Yaman tewas dan 5.044 lainnya luka-luka dari 19 Maret sampai April 27. Ratusan wanita dan anak-anak adalah salah satu korban, menurut WHO. (jb)

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Wisma Dubes Oman Hancur Dirudal Saudi | SalafyNews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: