Internasional

Oposisi Suriah Tolak Perwakilan Jaish al-Islam

22 Januari 2016

DAMASKUS, SALAFYNEWS.COM – Menteri Luar Negeri AS John Kerry mengatakan pembicaraan damai mengatasi krisis Suriah melanjutkan agenda 25 Januari berjalan seperti yang sudah direncanakan, meskipun terdapat sengketa siapa yang berhak mewakili oposisi.

Perselisihan siapa yang berhak mewakili oposisi dalam negosiasi, dan siapa yang akan mewakili, merupakan hambatan baru. Sementara sebagian besar oposisi menolak kehadiran Jaish al-Islam hadir dalam negoisasi.

Kelompok Takfiri Jaish al-Islam merupakan dukungan utama Saudi, AS, Turki dan Qatar yang ditentang keras oleh pihak pemerintah maupun oposisi yang diajukan oleh Saudi mewakili negoisasi di Jenewa.

“Mungkin satu atau dua hari ada undangan, tapi tidak akan terjadi keterlambatan mendasar. Proses ini dimulai pada tanggal 25 (Januri) dan mereka akan berkumpul dan melihat di mana kita berada,” kata Kerry di sela-sela pertemuan Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss, Kamis, 21/01/16.

Tawaran terbaru untuk mengakhiri perang Suriah melalui pembicaraan tidak langsung antara pemerintah dan oposisi akan berlangsung di Jenewa.

Pada Rabu, koalisi utama oposisi, yang disebut Komite Negosiasi Tinggi, mengumumkan delegasi sendiri untuk perundingan.

Tapi keputusan nama anggota dari kelompok Takfiri Jaish al-Islam sebagai negosiator utamanya menuai kritik tajam, baik dari beberapa anggota sendiri, sekaligus tokoh-tokoh oposisi yang dikeluarkan dari koalisi.

Komite Koordinasi Nasional untuk Perubahan Demokratis, yang merupakan badan oposisi kunci yang masih ada di Damaskus mengatakan, pilihan itu tidak dapat diterima.

Dan Haytham Manna, tokoh oposisi yang bukan dari Komite Negosiasi Tinggi, menuduh wakil dari Jaish al-Islam termasuk penjahat perang di delegasinya.

Sementara itu, delegasi Damaskus akan dipimpin oleh Duta Besar Suriah untuk PBB, Bashar al-Jaafari, dan diawasi oleh Wakil Menteri Luar Negeri Faisal al-Miqdad, demikian sumber pemerintah Suriah mengatakan. [Sfa/AB/IT]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: