Internasional

Oposisi Turki; Bangsa Turki Inginkan Perubahan Kebijakan Politik Atas Suriah Dan Irak

Salafynews.com, ANKARA – Wakil ketua partai oposisi utama Partai Rakyat Republikan(CHP). Usman Faruk Lagoglu menyatakan dalam sebuah wawancara pada hari Selasa(9/6), bahwa kebijakan luar negeri Turki terutama atas Irak dan Suriah akan mengalami perubahan drastis.

Rakyat Turki ingin sebuah revisi terkait kebijakan poitik dengan Irak dan Suriah,” ungkap Lagoglu dalam wawancaranya dengan channel berita televisi Al-Mayadeen, Selasa kemarin setelah CHP berhasl sukses pada pemilu Senin lalu.

Hasil perolehan suara yang diperoleh CHP maupun Partai Demokrasi Rakyat(HDP) yang pro-Kurdi serta partai-partai sayap kiri lainnya dianggap sebagai kekalahan besar Erdogan dan partainya, Partai Keadilan dan Pembangunan(AKP).

“Jika oposisi berhasil membentuk pemerintahan, maka kami tidak akan mencampuri urusan dalam negeri negara lain, dan tidak akan berdiri di pihak negara Arab manapun untuk melawan negara lainnya, sebuah pemerintahan yang akan mendukung pilihan negara-negara regional, dan tidak seperti ikhwanul muslimin,” tambahnya.

2-12-2004 Faruk Logoglu.jpg

Logoglu menambahkan, jika pihaknya menjadi bagian dari pemerintahan Turki, partainya tidak akan mau memasok senjata ataupun bantuan lainnya kepada terroris di Suriah.

Menurunnya jumlah perolehan suara bagi partai AKP, dan kemajuan yang diperoeh partai pro-Kurdi, HDP dianggap sebagai sinyal akan segera berkurangnya jika tidak berhenti sama sekali, bantuann pasokan senjata dan logistik untuk faksi-faksi milisi ISIS dan front an-Nushra di Suriah dan Irak.

Hasil hitung cepat pemilu parlemen Tueki meletakkan CHP sebagai salah satu pemenang dengan jumlah suara lebih dari 25 persen, mempertahankan 26 persen suara yang diperoleh pada pemilu empat tahun yang lalu.

“Kita telah mengakhiri era penindasan melalui cara-cara yang demokratis. Demokrasi telah menang, Turki telah menang,” ungkap pimpinan CHP, Kemal Kılıçdaroğlu dalam pidato singkat usai pemilu.

25, 32 persen suara kan member partai tersebut sekitar 132 kursi dri 550 kursi yang ada di Parlemen. Partai ini meneriman 26 persen suara dan 135 kursi pada pemilu Turki di tahun 2011, dibawah kepemimpin Kılıçdaroğlu menggantikan pimpinan lamanya Deniz Baykal di 2010.

CHP tidak mampu meningkatkan perolehan suara dikarenakan jumlah suara terbagi dan tersalurkan kepada HDP yang memastikan partai tersebut memperoleh suara lebih dari 10 persen . kebananyakan pendukung HDP adalah para pemuda yang tertarik dengan kampanye dari tokoh populer yang merupakan wakil pemimpin HDP, Selahattin Demirtas. [SFA] 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: