Internasional

Para Jenderal Israel Sering Adakan Pertemuan dengan Pejabat Penting Saudi

Jumat, 13 Mei 2016

SALAFYNEWS.COM,  TEL AVIV  – Seorang perwira senior Israel mengungkapkan bahwa petinggi militer Israel dan pejabat Saudi  berulangkali bertemu di banyak kesempatan informal, ia menjelaskan bahwa hal semacam itu adalah hal yang sudah sangat biasa bagi Israel.

Mayor Jenderal Yakoov Amidror, mantan penasehat keamanan nasional Israel baru-baru ini mengadakan pertemuan terbuka dengan Pangeran Saudi Turki al-Faisal di Institut Washington terkait Kebijakan di Timur Dekat, ia mengatakan bahwapertemuan dengan sejumlah besar para pemimpin Arab di seluruh dunia bertujuan untuk menemukan kesamaan kata dan kepentingan, selain juga untuk berkontribusi melalui hubungan dengan negara tetangga seperti Palestina atau yang lainnya.

“Pertemuan dengan para pejabat Saudi bukanlah satu-satunya” terang Amidror, “hal ini bukanlah sebuah masalah di Israel, kami melihat yang disekitar kami dan kami melihat beberapa negara Arab bersedia berbagi bersama kami dalam banyak kepentingan” – yang ia maksud adalah sejumlah negara yang telah menandatangani kesepakatan rekonsiliasi dan damai dengan Israel -, Lebih lanjut ia menjelaskan “Kami menghargai pentingnya dialog dan pentingnya pertukaran pandangan, kami mencoba untuk meyakinkan orang-orang Arab yang berada di sekitar kami”.

Mantan penasihat keamanan nasional Israel itu mengatakan bahwa kehadiran sosok seperti Pangeran Turki al-Faisal, -yang sebelumnya memegang jabatan tinggi di pemerintahan Saudi, yakni mantan kepala intelijen Saudi-, dalam sudut pandang Israel sangatlah penting, Sementara kehadiran dirinya adalah sesuatu yang sudah biasa. Mantan pejabat Israel itu berharap ada beberapa cara untuk dapat mengadakan pertemuan semacam itu.

Pertemuan antara pangeran Saudi dengan Jendral Israel itu berlangsung dalam kegiatan konferensi “Weinberg” yang diselenggarakan oleh Institut Washington terkait Kebijakan Timur Dekat, mulai tanggal 04 hingga 06 Mei.

Institut Washington sebelumnya telah mengumumkan acara pertemuan itu melalui situsnya; “Bergabunglah dengan kami dalam siaran langsung yang akan menampilkan sebuah dialog publik inovatif antara dua pemimpin senior keamanan nasional dari dua musuh lama – Arab Saudi dan Israel:  Pangeran Turki al-Faisal, mantan kepala intelijen Arab Saudi dan mantan duta besar untuk Washington, dan pensiunan IDF Jenderal Yaakov Amidror, mantan penasehat keamanan nasional untuk Perdana Menteri Benjamin Netanyahu”. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: