Eropa

Para Pejabat Turki Akan Kunjungi Irak Bahas Kesepakatan Penarikan Pasukan

Sabtu, 07 Januari 2017 – 11.10,

SALAFYNEWS.COM, ANKARA – Duta Besar Irak untuk Turki, Hisyam Alawi pada hari Jumat (06/01) mengatakan bahwa para pejabat Turki pada hari Sabtu (07/01) akan mengunjungi Baghdad untuk membahas isu penarikan pasukan Turki dari wilayah Irak, hal ini diungkapkan beberapa jam setelah pernyataan Perdana Menteri Turki Ben Ali Yildirim, ia menegaskan pasukan Turki akan tetap berada di Bashiqa. (Baca: Pasukan Berani Mati Irak “Hashd al-Shaabi” Tantang Pasukan Turki)

Duta besar Irak ini mengatakan kepada Arabic.SputnikNews (07/01) bahwa “delegasi Turki yang akan mengunjungi Baghdad pada hari Sabtu (07/01) akan membuat kesepakatan dengan pemerintah Irak terkait penarikan pasukan Turki dari wilayah Irak”.

Dalam menjawab pertanyaan yang diajukan Sputnik terkait penarikan pasukan Turki dari wilayah Irak, duta besar Irak ini mengatakan bahwa “benar, pasukan Turki akan menarik diri”.

Sebelumnya, pada hari jumat (06/01) PM Turki Ben Ali Yildirim mengatakan dalam pernyataannya kepada wartawan di Ankara bahwa “keberadaan kamp Bashiqa di Irak bukan merupakan pelanggaran kedaulatan, kami ingin melatih para pejuang di sana untuk memerangi ISIS”. (Baca: PM Irak: Kami Tidak Butuh Turki Untuk Bebaskan Mosul dari Teroris ISIS)

Adapun kunjungan Perdana Menteri Turki Yildirim ke Baghdad pada hari sabtu (07/01) bertujuan untuk membahas sejumlah isu diantara kedua negara, terutama cara menghancurkan organisasi teroris ISIS dan menyelesaikan masalah kehadiran pasukan Turki di wilayah Irak yang telah menjadi masalah besar di antara kedua negara dalam beberapa waktu terakhir, dimana pemerintah Irak telah berulang kali menuntut Ankara untuk menarik pasukannya dari Irak. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: