Eropa

Parlemen Rusia Setujui Pengerahan Militer di Suriah

MOSKOW, Salafynews.com – Majelis Tinggi Parlemen Rusia, Dewan Federasi, sepakat memberikan hak kepada Presiden Vladimir Putin untuk menggunakan angkatan bersenjata Rusia di Suriah.

Pada Rabu (30/9) Dewan Federasi membahas permintaan Putin untuk persetujuan kehadiran militer Rusia di Suriah untuk memerangi militan ISIS.

Dalam sambutannya di televisi setelah pemungutan suara, Sergei Ivanov, kepala administrasi Kremlin, mengatakan bahwa langkah tersebut tidak berarti bahwa pasukan darat Rusia akan terlibat dalam konflik, dan menambahkan bahwa itu hanya menyangkut penggunaan angkatan udara.

Dia juga mengatakan bahwa kehadiran militer Rusia di Suriah datang atas permintaan Presiden Suriah Bashar al-Assad yang “telah mengajukan permintaan bantuan militer kepada pimpinan negara kita”.

Kremlin mengatakan pada hari Rabu bahwa Putin telah mengirimkan permintaan tersebut ke  parlemen untuk meminta pengesahan anggota parlemen dalam menggunakan tentara Rusia di luar negeri.

Menurut konstitusi Rusia, presiden harus meminta persetujuan parlemen untuk setiap penggunaan pasukan Rusia di luar negeri.

AS dan sekutunya telah menuduh Rusia telah melakukan penumpukan militer di Suriah. Sementara, Moskow telah membantah tuduhan itu, dan menegaskan bahwa Rusia hanya akan mengirim pasukan ke Suriah jika Damaskus membuat permintaan tersebut. [SFA/Ptv]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: