Internasional

Partai Oposisi Turki Janji Jalin Kerjasama Dengan Iran

Salafynews.com, ANKARA Kemal Kilicdaroglu, pemimpin partai Rakyat Republikan (RPP), berjanji bahwa jika memenangkan pemilu, pemerintahannya akan menghentikan dukungan kepada kelompok-kelompok teroris dan akan bekerjasama dengan Iran untuk menyelesaikan konflik Suriah.

“Jika partai Rakyat Republikan memerintah di negeri ini, kami akan melakukan upaya terbaik guna mengembalikan kedamaian di Timur-Tengah, dan akan  mencegah singgahnya teroris-teroris dari wilayah-wilayah Turki ke Suriah dan Irak, serta akan menghentikan pemasokan senjata untuk kelompok-kelompok teror,” ungkap Killicdaroglu dalam sebuah wawancara dengan kantor berita Mesir, al-Sharq al-Awsat, Senin(1/6).

“Kami juga akan melaksanakan konferensi Internasional yang mengundang anggota-anggota Uni Arab, Mesir, Uni Eropa, Rusia, Iran dan Amerika Serikat untuk menyelesaikan konflik Suriah,” tambahnya.

Kilicdaroglu juga menyatakan negaranya akan melakukan langkah-langkah penting guna mengembalikan kedamaian Suriah dan Timur-Tengah, serta bekerjasama dengan negara-negara tersebut jika partainya menang pemilu.

Selama ini memang Turki telah banyak menuai kritik atas campur tangan negaranya atas urusan dalam negeri negara tetangganya Suriah..

Turki adalah salah satu negara yang mendukung para pemberontak dalam negeri Suriah. Ankara menyediakan pelatihan militer untuk milisi anti Damaskus di daerah sepanjang perbatasan dengan Suriah.

Beberapa bulan terakhir, gelombang unjuk rasa berdatangan dari masyarakat Turki di berbagai kota, memprotes campur tangan pemerintahannya di Suriah.

Para pengunjuk rasa meneriakkan slogan-slogan anti Pemerintah dan membawa plakat-plakat yang menuntut partai pimpinan Erdogan, AKP bertanggungjawab atas genosida di Suriah. (lm/fna)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: