Internasional

Pasukan Relawan Irak Tolak Klaim Kerjasama Dengan Pasukan AS

Salafynews.com, BAGHDAD – Pasukan relawan Irak (Hashd al-Shaabi) menolak laporan Bloomberg mengenai kerjasama yang mereka lakukan dengan pasukan Amerika di Irak.

“Tidak ada kerjasama dan koordinasi dengan Amerika demi memenangkan kembali wilayah yang telah dikuasai ISIS,”  ungkap Karim al-Nouri, juru bicara Pasukan Relawan Irak pada Rabu(24/6), menanggapi berita yang disebar luaskan mengenai kerjasama antara Hashd al-Shaabi’s dengan Pasukan Amerika.

Kolom pendapat media Bloomberg Amerika, sebelumnya menulis bahwa dua kantor administrasi Amerika yang tak mau diidentifikasi berbagi basis militer dengan pasukan Hashd al-Shaabi.

PASUKAN RELAWAN IRAK

Sebelumnya, dihari yang sama, juru bicara Pentagon, Kolonel Steve Warren juga menolak berita yang mengatakan bahwa Pasukan AS berbagi basis militer baru di provinsi Anbar Irak dengan pasukan relawan.

Awal bulan lalu, Sekretaris Jendral Organisasi Badr yang tangguh, Hadi al-Ameri menggaris bawahi bahwa pasukan Irak, termasuk relawan syi’ah, tidak memerlukan bantuan AS dalam perjuangannya melawan ISIS. Al-Ameri menyatakan bahwa mengirim lebih banyak pasukan Amerika hanya akan merusak rencana pembebasab kota-kota dan desa-desa yang berada di bawah kendali ISIS di Irak.

Teroris Takfiri ISIS hingga kini masih mengendalikan beberapa wilayah di Suriah dan Irak. Mereka menjadi ancaman bagi semua komunitas termasuk Syiah, Sunni, Kurdi, Kristen, Kurdi Ezadi dan yang lainnya, seiring terus berlangsungnya mereka mempertontonkan kekejaman di wilayah-wilayah yang mereka kuasai.

Pejabat senior Irak menyalahkan Saudi Arabia, Qatar dan beberapa negara Arab Teluk Persia atas berkembangnya terorisme di negaranya.

Menilik dokumen-dokumen yang dirilis WikiLeaks baru-baru ini, Saudi, Qatar, Kuwait dan beberapa negara Barat termasuk Amerika Serikat adalah pemberi dana utama kepada para teroris yang awalnya terbentuk di Suriah tersebut. [FNA/SFA]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: