Internasional

Pasukan Saudi Serang Militer Pro Hadi Sebelum Gabung Ansarullah-Houthi

Salafynews.com,  SANA’A – Seorang sumber militer mengatakan pada hari Rabu (8/7) bahwa setidaknya 30 tentara tewas dalam serangan udara koalisi dan bentrokan antara tentara yang berupaya untuk membelot kepada pejuang Ansarullah di dekat perbatasan Saudi Arabia.

13940417000315_PhotoIJet-jet tempur koalisi yang telah membombardir Yaman sejak Maret lalu langsung turun tangan ketika puluhan tentara diketahui telah mengumumkan dukungan mereka untuk para pejuang Ansarullah pada hari Selasa, dan hal ini mendorong bentrokan dengan pasukan pro-Hadi sebagaimana dilaporkan AFP.

Insiden tersebut terjadi pada Brigade Mechanized 23, yang terletak didekat perbatasan Saudi Arabia dan menyebabkan 30 tentara tewas sementara puluhan lainnya luka-luka di kedua belah pihak, demikian dilaporkan AFP.

“Banyak kendaraan lapis baja dan pengangkut pasukan telah hancur atau rusak dalam serangan udara dan bentrokan antar dua kelompok tersebut”.

Akhir bulan lalu, 300 tentara Saudi dan seorang komandan artilerinya bergabung dengan pasukan Yaman.

“Pukulan menyakitkan bagi  Al Saud datang setelah Hashem al-Ahmar, komandan artileri tentara Saudi di perbatasan al-Wadia  dan 300 tentaranya bergabung dengan tentara Yaman dan pasukan revolusioner,” sebagaimana  dilansir website Timur-Tengah mepanorama yang mengutip pernyataan Kepala  Pasukan Pembebasan Yaman, Nasser bin Yahya al-Orujli pada tanggal 26 Juni.
Ia mencatat bahwa rezim Saudi masih dalam situasi yang sulit dan pejabat Saudi tahu benar mengenai hal itu.

Beberapa hari sebelumnya pada bulan Juni, pasukan suku dan aktivis di wilayah Najran Arab Saudi membentuk gerakan militer dan oposisi politik terhadap rezim Saudi, yang disebut “Ahrar al-Najran” setelah wilayah tersebut menyatakan diri bahwa mereka telah memisahkan diri dari Arab Saudi dan bergabung dengan Yaman dalam perang melawan Riyadh, awal bulan lalu. (SFA/AFP/Mepanorama)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: