Amerika

PBB Bahas Aliran Dana Terorisme dan Keluhan Irak atas Intervensi Turki

20 Desember 2015

NEW YORK, SALAFYNEWS.COM – Sidang Dewan Keamanan PBB telah mencapai suara bulat akan resolusi yang mewajibkan semua negara untuk memerangi pendanaan terorisme dan mencegah bantuan lebih lanjut kepada ISIS dan Al-Qaeda, dan juga mengharuskan untuk memerangi setiap person, kelompok, perusahaan atau organisasi yang memiliki hubungan dengan mereka.

Resolusi yang diambil berdasarkan Pasal nomer 7 Piagam PBB, sebagaiman juga resolusi “pembekuan” aset sumber daya dan keuangan milik kedua organisasi teroris itu, serta pelarangan memasok senjata bagi mereka baik secara langsung maupun secara tidak langsung, dan juga seruan bagi semua pihak untuk mengambil langkah-langkah aktif guna menghentikan sumber dana dan aliran keuangan serta sumber daya ekonomi lainnya yang ditujukan untuk terorisme baik perorangan maupun organisasi.

Dewan Keamanan menegaskan bahwa siapapun yang mendukung ISIS atau Al-Qaeda, maka akan dimasukkan dalam daftar sanksi, sedangkan yang bersalah karena terlibat dalam mengatur atau memberikan dukungan tindakan teroris, harus dihukum.

Selain itu, Dewan Keamanan PBB juga mengadakan pertemuan, pada Jumat (19/12), membahas keluhan Irak tentang pengerahan pasukan Turki di kamp dekat kota Mosul.

Irak menuntut agar Dewan Keamanan segera mengeluarkan resolusi terhadap pelanggaran Turki di wilayahnya. Kementerian Luar Negeri Irak sebelumnya telah mengajukan keluhan resmi kepada Dewan Keamanan mengenai intervensi militer Turki di wilayah Irak.

Menteri Luar Negeri Irak Ibrahim al-Jaafari meminta kepada Dewan Keamanan untuk mengeluarkan perintah bagi Turki untuk segera menarik pasukannya, juga meminta agar Turki tidak mengulangi pelanggaran seperti itu lagi.

Wakil Presiden AS Joe Biden, Rabu (16/12), menyeru agar Turki menarik pasukannya yang dikerahkan ke utara Irak tanpa persetujuan dari pemerintah Irak di Baghdad. [Sfa]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: