Internasional

PBB Desak Pakistan Lindungi Kalangan Minoritas

Salafynews.com – Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon, Rabu (13/5), mendesak Pakistan bergerak cepat untuk melindungi minoritas agama setelah serangan yang menewaskan 43 muslim Syiah.

Organisasi ISIS melakukan serangan terhadap Syiah di Karachi.

Ban Ki-Moon mengecam serangan teroris tersebut dan menyerukan Pakistan untuk menangkap para pelaku dan membawa mereka ke pengadilan.

Ia juga mendesak  Pemerintah untuk mengambil langkah-langkah pencegahan efektif demi melindungi minoritas agama.

Ghulam Haidar Jamali,  komandan teritorial Sindh, kota terbesar Karachi, mengatakan, “Menurut informasi awal yang kami terima dari rumah sakit, 43 orang tewas dan 13 luka-luka.”

“Enam teroris tiba dengan sepeda dan memasuki bus, lalu mulai menembak secara membabi buta,” imbuhnya.

Amir Karim Agha Khan, pemimpin komunitas Syiah Pakistan menegaskan pula  jumlah warga tewas dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh kantornya di Prancis.

Khan mengatakan, “Serangan ini adalah tindakan kekerasan gila terhadap komunitas damai.”

Beberapa tahun terakhir Pakistan menyaksikan eskalasi kekerasan sektarian terhadap Syiah yang populasinya sekitar 20% dari jumlah penduduk negara itu yang mencapai 200 juta orang.

Serangan yang menargetkan Syiah di Pakistan terkonsentrasi di Quetta (barat daya) dan Parachinar (barat laut) dan Gillette (timur laut) dan meningkat di Karachi, yang memiliki populasi 20 juta orang. (ss)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: