Internasional

PBB: Serangan Fase Kedua Arab Saudi Melawan Hukum Internasional

Salafynews.com – Koordinator Kemanusiaan PBB untuk Yaman, Johannes van der Klaauw, mengatakan, “Pengeboman sembarangan di daerah penduduk, dengan atau tanpa peringatan sebelumnya, telah bertentangan dengan hukum kemanusiaan internasional.”

“Peringatan kepada warga untuk pergi dari kota sebelum serangan tidak membebaskan Saudi dari kewajiban mereka untuk melindungi dan tidak membahayakan warga sipil”, katanya.

“Saya mengajak semua pihak dalam konflik ini untuk mengingat tugas mereka dalam melindungi warga sipil,” tambah koordinator PBB tersebut.

“Banyak warga sipil yang terjebak di dalam provinsi Sa’ada karena mereka tidak dapat mengakses transportasi karena kekurangan bahan bakar. Sasaran jet-jet Saudi beresiko membunuh warga sipil,” tambah Van der Klaauw.

Seorang pria Yaman memeriksa kerusakan setelah serangan Saudi pada Sana'a selatan, pada April 20, 2015 (Sumber: AFP)

Seorang pria Yaman memeriksa kerusakan setelah serangan Saudi pada Sana’a selatan, pada April 20, 2015 (Sumber: AFP)

Sebelumnya, pesawat tempur Saudi membom masjid kuno Imam al-Hadi di Sa’ada dan area sekitar Qamar dan Saqayn di provinsi barat laut dari Sa’ada.

Menurut TV Al-Masirah Yaman, empat warga sipil tewas dan lebih dari 10 lainnya terluka selama serangan.

Roket Saudi juga melanda dua wilayah Qamar dan Saqayn di provinsi yang sama.

Arab Saudi memulai agresi militer terhadap Yaman pada 26 Maret – tanpa mandat PBB – dalam upaya untuk melemahkan gerakan Houthi Ansarullah dan mengembalikan kekuasaan kepada mantan presiden buronan, Abd Rabbuh Mansour Hadi, sekutu setia Riyadh .

Menurut angka PBB terbaru, agresi militer Saudi sejauh ini telah merenggut nyawa lebih dari 1.400 orang dan melukai hampir 6.000 orang, sekitar setengah dari mereka adalah warga sipil. (jb)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: