Internasional

Pelayanan Medis di Yaman Terancam Lumpuh Total

Salafynews.com – Stasiun televisi Lebanon, Al Mayadeen kemarin melaporkan, kantor Komite Palang Merah Internasional di Yaman, Sabtu (2/5) mengumumkan, kelangkaan bahan bakar semakin mengancam lumpuh totalnya pelayanan medis dan kesehatan di Yaman. Rumah sakit-rumah sakit Yaman menghadapi kesulitan untuk bisa terus beroperasi.

Sejak dimulainya agresi militer Arab Saudi ke Yaman, rumah sakit-rumah sakit negara itu menampung banyak pasien, dan karena para dokter serta perawat  asing keluar dari Yaman, rumah sakit-rumah sakit itu kekurangan tenaga.

Komite Palang Merah Internasional di Yaman menegaskan, “Sejumlah banyak pasien di rumah sakit-rumah sakit meninggal dunia karena kurang penanganan dan pelayanan.”

Selain itu, jet-jet tempur Saudi terus menggempur jalan raya-jalan raya serta jembatan penghubung antar provinsi dan kota, untuk memutus jalur penyaluran bantuan kepada militer Yaman.

Hari Sabtu (2/5) akibat serangan jet-jet tempur Saudi ke wilayah Al Ammar di Provinsi Saada, Yaman, seorang tewas dan lima lainnya terluka.

Sementara itu, sistem pertahanan Yaman berhasil menembak jatuh sebuah pesawat mata-mata tanpa awak milik militer Amerika Serikat di Utara Provinsi Saada.

Bersamaan dengan serangan jet-jet tempur Saudi, pertempuran antara militer Yaman yang dibantu komite rakyat dengan para teroris Al Qaeda di kota Taiz, Barat Daya Yaman, semakin sengit.

Abdulrahman Rajeh, Kepala Pusat Riset Politik dan Strategi urusan Yaman menyatakan, sekalipun terus digempur oleh jet-jet Saudi, militer dan komite rakyat Yaman berhasil meraih sejumlah kemenangan besar. Mereka berhasil mengusir anasir  Al Qaeda dan pasukan Abd Rabbo Mansour Hadi, Presiden terguling Yaman dari Aden, Taiz, Marib, Shabwa dan Al Bayda. (ss)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: