Internasional

Pengungsi Tikrit Bisa Bernafas Lega Setelah Kembali ke Kampung Halaman

Salafynews.com – Ratusan warga yang telah tiga bulan mengungsi kembali ke Tikrit setelah tentara pemerintah Irak merebut kampung halaman Saddam Hussein itu dari tangan ISIS.

Seperti dilansir dari Al-Arabiya, Selasa (16/6), seorang pejabat setempat dan seorang sumber dalam operasi di provinsi salahuddin mengatakan pemerintah menyewa bus untuk mengangkut lebih dari 300 keluarga kembali ke Tikrit dari tenda pengungsian tempat mereka tinggal.

Konvoi 50 keluarga yang berangkat dari Samarra di Selatan dan Kirkuk di Utara ke Tikrit dikawal polisi.

Militan menduduki Tikrit, sekitar 140 kilometer utara Baghdad, pada akhir Juni lalu. Tentara Irak baru bisa melawan ISIS setelah mendapatkan bantuan dari pasukan relawan Syiah dan sunni.

a3240691-3302-4a9a-a63d-bc27e7dfa81f_169_sfa

Kebanyakan dari warga Tikrit melarikan diri pada saat pasukan keamanan Irak dan pasukan relawan memulai penyerangan untuk merebut kembali kota Tikrit. Kebanyakan warga mengaku frustasi karena hampir tidak bisa kembali ke rumah mereka.

“Kami sangat senang ketika kembali. Ini sulit dipercaya kami melihat Tikrit lagi,” kata Adnan al-Tikriti, warga setempat.

“Kota telah mati. Tidak ada pasar, tidak ada layanan. Listrik dan air tidak tersedia, mereka mengerjakan itu dan menunggu seberapa cepat mereka bisa menyediakan kami layanan tersebut,” katanya.

Para pejabat Irak mengaku khawatir ISIS bisa kembali datang ke wilayah-wilayah yang berhasil direbut dengan menyusup di antara warga yang kembali.

Saat ini lebih dari 3 juta orang mengungsi di Irak sejak konflik pecah pada awal tahun 2014. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: