Amerika

Pentagon; 15 Tahanan Guantanamo Dipindahkan ke UEA

Selasa, 16 Agustus 2016

SALAFYNEWS.COM, EMIRAT ARAB – Pentagon mengatakan bahwa 15 tahanan Guantanamo telah dipindahkan ke Uni Emirat Arab. Ini merupakan transfer terbesar sejak di bawah pemerintahan Obama.

Departemen Luar Negeri AS, yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan pada hari Senin bahwa 12 pria berkebangsaan Yaman dan tiga lainnya adalah warga Afghanistan telah dipindahkan ke UEA.

“Amerika Serikat berterima kasih kepada pemerintah Uni Emirat Arab atas sikap dan kemauan dalam mendukung upaya AS yang sedang berlangsung untuk menutup penjara Gitmo”, Pentagon mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Senin.

Pentagon telah memiliki kesulitan menemukan negara ketiga untuk menampung tahanan Yaman karena mereka tidak bisa pulang karena agresi Saudi terhadap negara itu.

Mantan tahanan setelah ditransfer, biasanya dibebaskan dalam pengawasan dan menjalani program rehabilitasi.

Amnesty International AS menyambut baik langkah itu, dan mengatakan itu adalah tanda Presiden Barack Obama serius menutup fasilitas kontroversial sebelum ia meninggalkan kantor.

“Ini adalah penolakan yang signifikan dari gagasan bahwa Guantanamo akan menjadi terbuka untuk bisnis di masa depan yang tak terbatas,” Naureen Shah, direktur program keamanan dan hak asasi manusia di Amnesty International AS, mengatakan pada AFP.

“Operasi lanjutan dari fasilitas penahanan melemahkan keamanan nasional kita dengan menguras sumber daya, merusak hubungan kita dengan sekutu kunci dan mitra, dan menggalakkan ekstremis,” Duta Besar Lee Wolosky, utusan khusus untuk penutupan Guantanamo, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Pada tanggal 23 Februari, Obama memaparkan rencana lama yang ditunggu-tunggu untuk menutup penjara militer AS di Kuba.

Obama awalnya telah berjanji untuk menutup penjara selama kampanye pemilihan presiden 2008, mengutip kerusakan terhadap reputasi AS di luar negeri. Namun, presiden mundur dari janji kampanyenya karena oposisi menolak keras di Kongres. [Sfa]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: