Internasional

Perancis Klaim Lakukan Serangan Pertama ke Posisi ISIS di Suriah

SURIAH, Salafynews.com – Prancis mengklaim telah melakukan serangan udara pertama terhadap posisi teroris ISIS Takfiri di Suriah.

Serangan yang dilakukan pada hari Minggu (27/9) itu, menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh kantor Presiden Francois Hollande, datang setelah mereka melakukan pengintaian sekitar tiga minggu lalu sebelum akhirnya keputusan penembakan target diambil.

Pernyataan itu menambahkan bahwa serangan udara menargetkan posisi yang diduga kantong ISIS setelah mengidentifikasinya sejak 8 September.

Paris mengatakan operasi itu dikalim untuk “melawan ancaman teroris” ISIS yang telah dikoordinasikan dengan mitra negara regional.

Angkatan udara Perancis memulai penerbangan pengintaian di atas udara Suriah pada awal September untuk mengumpulkan informasi tentang posisi ISIS.

Koalisi pimpinan AS telah melakukan berbagai serangan ke posisi yang diklaim sebagai kantong ISIS di Suriah, sejak September lalu tanpa izin dari Damaskus atau mandat PBB.

Presiden Suriah Bashar al-Assad pada bulan Mei lalu telah menegaskan bahwa pasukan koalisi tidak bertujuan untuk “menyingkirkan” teroris ISIS, dan menambahkan, “Mereka ingin menggunakan struktur teroris ini untuk mengancam dan memeras negara-negara lain.”

Sebelumnya pada September, Menteri Informasi Suriah Omran al-Zoubi sangat menentang operasi yang dilakukan koalisi yang dipimpin AS sebagai “kebohongan besar,” katanya, “Fakta membuktikan bahwa aliansi ini telah gagal, dan tidak selektif dalam memilih target hingga menimbulkan korban sipil”.

Suriah telah dicengkeram oleh kekerasan mematikan sejak 2011 dengan laporan mengatakan lebih dari 240.000 orang tewas dalam konflik. Perancis adalah di antara negara-negara Barat yang telah mendukung militan melawan pemerintah Suriah. [Ptv/Sfa]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: