Eropa

Perancis Larang 3 Asosiasi Radikal Berlabel Islam

16 Januari 2016

PARIS, SALAFYNEWS.COM – Perancis mengumumkan penutupan dan pelarangan operasi tiga asosiasi muslim radikal. Pelarangan itu berhubungan dengan beberapa asosiasi yang dikelola oleh masjid yang telah ditutup oleh kementerian dalam negeri pada awal desember 2015 di wilayah Lanie. Penutupan itu didasari atas adanya dugaan bahwa asosiasi itu dipakai untuk menyerukan “jihad” dan pengiriman jihadis ke Suriah dan Irak untuk bergabung dengan kelompok teroris.

Perdana Menteri Manuel Valls dan Menteri Dalam Negeri Pierre Kaznov telah menandatangani pelarangan beroperasinya tiga asosiasi tersebut. Ketiga asosiasi itu bernama asosiasi “kembali pada dasar-dasar (agama)” dan asosiasi “kembali pada dasar-dasar Islam” serta asosiasi “masyarakat muslim Lanie-mar”.

Kkeputusan itu diambil berdasarkan pada materi yang tertera dalam undang-undang keamanan dalam negeri yang menyebutkan pelarangan asosiasi atau perkumpulan yang  beroperasi di Prancis yang kegiatannya dipastikan untuk menghasut tindakan teror baik di dalam maupun di luar.

Menurut sebuah keterangan yang dikeluarkan oleh Kementerian Dalam Negeri Perancis, Rabu (13/01), menyebutkan bahwa larangan itu telah disampaikan kepada tiga asosiasi yang menggunakan payung agama, berusaha menyebarkan ideologi radikal dan menghasut untuk “jihad” dan pergi ke Suriah dan Irak melalui Mesir. [Sfa/AS/almanar]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: