Internasional

Perancis Melarang Gadis Muslim Memakai Rok Hitam ke Sekolah

Salafynews.com – Kasus seorang gadis Muslim yang dilarang masuk kelas karena mengenakan rok panjang telah memicu protes di Perancis.

Awal bulan ini, gadis yang bernama Sarah dilarang masuk kelas oleh kepala sekolahnya di kota timur laut Charleville-Mezieres.

Kabarnya kepala sekolah berpikir bahwa rok hitam panjang terlalu mencolok dan menunjukkan afiliasi kepada agama tertentu. Dan itu adalah sesuatu yang dilarang oleh hukum sekuler Perancis.

“Gadis itu diminta untuk datang kembali dengan pakaian netral dan tampaknya ayahnya tidak ingin anaknya kembali ke sekolah,” kata Patrice Ducot, seorang pejabat pendidikan setempat.

Namun Mahasiswa berusia 15 tahun ini mengatakan kepada surat kabar harian lokal L’Ardennais bahwa roknya itu tidak ada yang istimewa, sangat sederhana dan tidak ada yang mencolok. Juga tidak ada tanda agama apapun.

Kisah Sarah ini telah tren di Twitter di Perancis dengan hashtag #JePorteMaJupeCommeJeVeux, yang artinya “Saya memakai rok karena saya suka.”

Menurut Komite yang aktif melawan Islamphobia di Perancis, yang dikenal dengan singkatan bahasa Prancis  CCIF ,  sekitar 130 siswa dilarang masuk kelas tahun lalu karena mengenakan pakaian yang dianggap terlalu religius secara terbuka.

Perancis memiliki hukum yang sangat ketat yang melarang untuk menampilkan agama yang dianggap istimewa. (jb)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: