Australia

Perawat Australia Gabung ISIS Segera Ditangkap

Salafynews.com, MELBOURNE – Perawat Australia, beberapa waktu lalu dilaporkan berada di Suriah dan bergabung dengan ISIS, terancam ditangkap kepolisian federal negara itu, seiring rencana kepulangannya pada hari ini, Jum’at(24/7).

Adam BrookmanAdam Brookman, seorang perawat asal Melbourne terancam ditangkap di Bandara Sydney. Rencananya ia kembali ke Australia hari ini dan polisi telah menunggunya di pintu kedatangan.

Ayah lima anak itu dilaporkan berada di Suriah dengan tujuan membagi keterampilannya sebagai pekerja medis, namun ia diketahui bekerja bagi ISIS.

Brookman sendiri mengaku bahwa ia melarikan diri dari ISIS karena tidak tahan dengan kebrutalan kelompok terror tersebut. Dalam wawancara dengan kelompok media Fairfax, ia mengaku menyeberang ke Turki dan menyerahkan diri kepada pihak berwajib.

Kepolisian Federal Australia (AFP) secara terpisah menjelaskan telah mengatur kepulangan Brookman ke Australia, meskipun ia belum dikenai tuntutan hukum. AFP menjelaskan, Brookman akan menjalani pemeriksaan terlebih dahulu.

“Jika ada bukti seorang warga Australia melakukan pelanggaran hukum dengan melibatkan diri dalam konflik di Suriah dan Irak, dia akan pasti diajukan ke pengadilan,” demikian penjelasan AFP.

Brookman sendiri  mengaku dirinya “dipaksa bergabung dengan ISIS”,  setelah ia mengalami cidera akibat serangan udara dan menjalani perawatan di rumahsakit yang dikuasai ISIS.

Brookman mengatakan ia melarikan diri ke Turki karena “tidak setuju dengan apa yang dilakukan ISIS”. (SFA/LM/ABC)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: