Eropa

Peringatan Putin Kepada Netanyahu Soal Kesepakatan Nuklir Iran

Salafynews.com, RUSIA – Presiden Rusia Vladimir Putin memperingatkan kepada Perdana Menteri Israel Benjamin Netantahu untuk tidak meragukan kesepakatan nuklir Iran. Putin menegaskan kesepakatan itu merupakan pelindung bagi pengembangan damai program nuklir Iran.

Putin

Vladimir Putin

“Putin telah menekankan, bahwa perjanjian yang baru saja dicapai telah membangun perlindungan yang efektif secara eksklusif program damai nuklir Iran,” bunyi pernyataan Kremlin mengungkapkan isi pembicaraan Putin dan Netanyahu, seperti dilansir Sputnik pada Jumat (31/7/2015).

Berbicara melalui sambungan telepon semalam, Putin mengatakan kepada pemimpin Zionis tersebut, bahwa kesepakatan yang telah diperkuat dalam sebuah resolusi di Dewan Keamanan (DK) PBB ini juga merupakan langkah penting bagi terciptanya Timur Tengah yang lebih damai dan stabil.

“Dalam pembicaraan itu Putin juga menyatakan, bahwa keberhasilan dicapainya dokumen rencana aksi di DK PBB mengenai kesepakatan ini telah memperkuat rezim nonproliferasi nuklir dan memiliki dampak positif pada keamanan dan stabilitas kawasan Timur Tengah,” sambungnya.

Menurut Parlemen Tinggi Rusia tersebut, kedua pemimpin negara memutuskan akan segera melakukan pertemuan bilateral guna membahas lebih jauh mengenai hal ini, dan beberapa isu lain, baik yang menyangkut hubungan kedua negara, atau isu di kawasan.

Terkait kesepakatan nuklir Iran, Israel sendiri merupakan salah satu negara yang menentang dan meragukan implementasi dari kesepakatan tersebut. Negeri Zionis itu menyebut kesepakatan itu hanya mempermudah Iran menjalankan program pengembangan senjata nuklirnya, dan memperkuat dukungan kepada kelompok-kelompok, salah satunya menurut Israel adalah Hizbullah. ( SFA/PTV)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: