Internasional

Pertemuan Saudi-Israel di Washington Setelah Setahun Koordinasi

Salafynews.com – Surat kabar Israel Hume mengungkap pertemuan yang belum pernah terjadi sebelumnya dan diperkirakan berlangsung Kamis kemarin antara Direktur Jenderal Departemen Luar Negeri Israel Dore Gould dan pejabat Saudi.

Surat kabar ini melaporkan bahwa Gould yang menjabat sebagai kepala Pusat urusan kenegaraan Yerusalem, diperkirakan Kamis (4/6) bertemu dengan Jenderal Anwar Ishqi di Washington. Hari Senin ini ia akan menghadiri konferensi yang bertemakan “dialog soal kepentingan bersama dalam perang melawan program nuklir Iran”.

Menurut surat kabar itu, pertemuan ini berlangsung  setelah satu tahun koordinasi dan aksi bersama antara “Pusat Yerusalem dan Institut Saudi” yang dipimpin Ishqi.

Hal itu menarik perhatian mengingat fakta bahwa Israel dan Arab Saudi berada dalam satu front melawan program nuklir Iran.

Sepanjang tahun ini, kedua belah pihak melakukan diskusi dan persiapan materi tentang potensi kerjasama antara dua belah pihak dan peran Arab Saudi dalam menciptakan solusi konflik Israel-Palestina.

Koran itu menyampaikan bahwa  Ishqi adalah penasihat dekat dan pemegang rahasia mendiang Raja Faisal. Ia menemani Raja Faisal dalam sejumlah pertemuan KTT internasional dan berbagai konferensi.

Pada tahun 1988, ia mendirikan sebuah pusat studi strategi dan hukum di Timur Tengah. Ishqi adalah seorang analis dan wakil Arab Saudi di berbagai forum akademi. [SS] 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: