Eropa

Pesawat Bantuan Kemanusiaan Rusia Mendarat di Suriah

Salafynews.com, DAMASKUS – Dua pesawat Rusia yang membawa bantuan kemanusiaan telah mendarat di kota pelabuhan Latakia Suriah. Pesawat mendarat di Bandara Internasional Bassel al-Assad, Sabtu (12/9/15). Pesawat tersebut membawa 80 ton bantuan kemanusiaan yang diberikan oleh Rusia, menurut media Suriah. (Baca Putin: Rusia Selalu Dukung Pemimpin dan Warga Suriah)

“Federasi Rusia …telah mengirim bantuan kemanusiaan lain berupa kebutuhan dasar dan makanan bagi warga sipil. Bantuan peralatan ini untuk disebarkan ke kamp pengungsian yang berada di Suriah…, “ kata Mayor Jenderal Igor Konashenkov, perwakilan resmi dari Kementerian Pertahanan Rusia. (Baca Lavrov ; Rusia Cegah Skenario Libya di Suriah)

Kargo itu berisi puluhan ton bantuan kemanusiaan, termasuk kasur, selimut, tempat tidur, peralatan dapur, kompor, pemanas, dan tangki untuk pasokan air serta sereal, makanan kaleng, susu kental dan makanan bayi.

Jubir Menteri Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova

“Semua barang-barang kemanusiaan, yang telah datang selanjutnya diserahkan kepada otoritas sipil di wilayah tersebut untuk membantu masyarakat setempat yang terkena dampak pertempuran,” kata Konashenkov.

Rusia Memuji Yunani

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Rusia memuji pemerintah Yunani untuk tidak menutup wilayah udaranya bagi pesawat Rusia yang membawa bantuan kemanusiaan menuju Suriah. Kementerian luar negeri dari negara anggota NATO ini mengatakan pekan lalu bahwa pihaknya telah menerima permintaan dari Amerika Serikat untuk menutup wilayahnya untuk pesawat Rusia.

Pekan lalu, Bulgaria juga menutup wilayah udaranya untuk pesawat kargo Rusia yang membawa bantuan kemanusiaan untuk Suriah karena meragukan muatan yang dibawanya. (Baca Takut Amerika, Bulgaria Tolak Izin Pesawat Bantuan Rusia Ke Suriah)

Diplomat Rusia berpendapat bahwa Washington menekan negara-negara tersebut untuk menutup rute udara pesawat Rusia dalam perjalanan dari Moskow ke Damaskus.

“Posisi Yunani jelas dan tidak ambigu perlu dicatat. Meskipun ada upaya untuk mempengaruhi Athena dari luar sehingga harus menarik kembali ijin lewat di wilayah udaranya yang telah diberikan pada tanggal 31 Agustus, pihak berwenang Yunani tidak menyerah pada tekanan ini dan menolak untuk merevisi keputusan mereka, “kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova. (Baca Amerika Minta Yunani Tutup Zona Udara Penerbangan Kemanusiaan Rusia Ke Suriah)

“Kami telah berkomentar pada posisi yang dianggap oleh otoritas Bulgaria, yang tanpa dasar melarang pesawat Rusia terbang melalui wilayah udaranya untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan bagi penduduk sipil Suriah,” katanya. (SFA/PTV)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: