Nasional

Petisi Kepada Uni Eropa untuk Membantu dan Melindungi Pengungsi Suriah

Salafynews.com, JAKARTA – “Anak berusia 3 tahun itu terbaring di pinggir pantai. Ia tak bangun walau ombak menyapu wajahnya. Ketika tubuhnya diangkat, ia sudah tak lagi bernyawa. Namanya Aylan Kurdi. (Baca Kisah Fotografer Yang Mengabadikan “Malaikat Kecil” Aylan Kurdi)

Aylan menjadi simbol dari penderitaan pengungsi Suriah. Fotonya menampar banyak orang yang sebelumnya tak tahu apa yang tengah dialami warga Suriah.

Jasad Aylan Pahlawan Pengungsi Suriah & Sang fotografer kemanusiaan

Pengungsi Suriah adalah korban perang. Mereka harus melarikan diri dari kampung halaman mereka karena tidak ada masa depan di tanah mereka. Karenanya, mereka mencoba menemukan harapan lagi di negara lain.” (Baca Arab Abaikan Pengungsi, Uni Eropa Sambut Karmanya)

Demikian awal petisi yang yang mendesak masyarakat dunia, terutama pemimpin Uni Eropa dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk mengambil tindakan nyata dalam memberikan perlindungan kepada para pengungsi.

Sang inisiator, Dahnil Azhar Simanjuntak, menuliskan di laman petisi di laman Change.org Indonesia “Mempetisi European Commission Help and Protect Syrian Refugee” bahwa meninggalnya Aylan Kurdi, balita yang turut menjadi korban saat perahu yang ditumpanginya bersama pengungsi Suriah lain tenggelam di lepas pantai Turki, turut mendorongnya untuk memulai petisi ini.

“Aylan menjadi simbol dari penderitaan pengungsi Suriah yang terabaikan. Orang-orang dari seluruh dunia harus mendesak pemimpin Uni Eropa (UE) dan PBB untuk membantu para pengungsi segera. (Baca Eropa Diserbu Pengungsi Suriah, Dimana Negara Arab dan Para Muftinya)

Uni Eopa seharusnya mengambil tanggung jawab untuk memberi perlindungan kepada pengungsi, dan jangan memperlakukan mereka dengan kejam,” tulis dosen Universitas Sultan Agung Tirtayasa ini. (Baca Wartawan Hungaria Tendang Pengungsi Suriah; Video)

Sudah lebih dari 13.433 orang telah menjadi pendukung petisi hingga hari ini, sejak petisi dibuat kemarin, Selasa, 8 September. Semoga dengan adanya petisi ini dapat membuat mata-mata negara dan raja-raja Arab terbuka, Uni Eropa semoga membantu para pengungsi tanpa ada tendensius lain kecuali kemanusiaan. (SFA/Change)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: