Internasional

Pilot dan Co-Pilot Pesawat Tertidur, Prancis Kirim Pesawat Tempur Bangunkan Mereka

Salafynews.com, Insiden yang langka, sebuah pesawat tempur membangunkan kapten pilot dan co-pilot Belgia yang tertidur pulas tatkala keduanya mempiloti pesawat komeresial yang sarat penumpang.

Salah satu pesawat udara Airbus menghadapi masalah besar yang  tidak disadari oleh penumpangnya saat itu. Pilot dan co-pilot waktu itu terlelap dalam tidurnya dan tidak terjaga kecuali setelah dibangunkan oleh pesawat tempur Prancis  yang  dikirim oleh otoritas Perancis setelah  gagal  berkomunikasi dengan mereka.

Menurut laporan yang  dipublikasikan situs Helpoint mengutip surat kabar Het Lataste News Belgia, otoritas Prancis mencoba berkomunikasi dengan pilot untuk mengkoordinasikan pergerakan pesawat yang sedang dalam perjalanan dari Pulau Lanzarote, Spanyol menuju bandara ibukota Belgia, Brussels, namun tidak mendapat tanggapan darinya.

Situs itu menjelaskan bahwa otoritas Prancis segera mengirim sebuah pesawat tempur Prancis mengantisipasi segala kemungkinan ancaman teroris yang menimpa pesawat dan penumpangnya. Ketika pesawat tempur itu mendekati pesawat  Airbus di atas kota Nantes Prancis, ia dapat membangunkan sang pilot.

Insiden ini  terjadi pada 28 Juni yang lalu, namun otoritas penerbangan sipil Belgia tidak mempublikasikannya selagi dalam masa penyelidikan internal maskapai tersebut, dan baru diumumkan belakangan ini. (sh)

2 Comments

2 Comments

  1. For Guides

    May 13, 2015 at 6:33 am

    ada2 aja, kok bisa gtu yaa…

    bisa gawat jga ntar kalau sampai jatuh

    • Hasan Alwi

      May 16, 2015 at 8:32 pm

      Itu hal yang biasa ketika pilot dan co-pilotnya tertidur mas. Ketika pesawat sudah take off, biasanya mereka mengaktifkan sistem auto-pilot. Dan mereka akan mengambil alih kendali pesawat kembali pada saat mau landing. Tapi seharusnya pilot dan co-pilot tidak boleh sampai tertidur. Karena setiap saat mereka akan dicontact.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: