Eropa

PKK Tolak Gencatan Senjata Sepihak Dengan Turki

Salafynews.com, ANKARAPartai Buruh Kurdistan (PKK) menolak gencatan senjata sepihak dengan Turki, dan menuduh pemerintah Turki melancarkan perang untuk mendapatkan suara lebih banyak dalam pemilu mendatang. (Baca Letnan Kolonel Alkan Kritik Erdogan Atas Kampanye Perang Terhadap PKK)

“Gencatan senjata hanya menguntungkan Turki”, komandan lapangan PKK, Murat Karayilan, mengatakan pada hari Kamis (17/9) dalam menanggapi permintaan pemerintah Turki kepada militan untuk meletakkan senjata mereka dan kembali ke kamp mereka di Irak utara sebelum dimulainya kembali pembicaraan damai. (Baca Rusia Seru Erdogan Patuhi Hukum Internasional)

“Pengalaman mengajarkan kita bahwa hasil positif tidak dapat dicapai melalui gencatan senjata sepihak,” kata Karayilan, dan menambahkan, “Bahkan jika kita berhenti, AKP (Partai Keadilan dan Pembangunan Turki) tidak akan menghormati hak-hak kami”. (Baca Gelombang Anti Turki di Eropa Protes Serangan Kepada Warga Kurdi)

Konflik baru antara PKK dan pasukan keamanan Turki kembali menghangat sejak Juli, ketika Turki mulai meluncurkan serangan udara terhadap posisi PKK di Irak setelah serangan bom ISIS yang menewaskan 32 orang tewas di kota Turki tenggara Suruc pada 20  Juli lalu.

Gencatan senjata antara Ankara dan PKK yang sudah berdiri sejak 2013 dinyatakan batal msetelah kampanye militer Turki. PKK telah berjuang untuk wilayah otonomi Kurdi di Turki sejak tahun 1980-an. Konflik telah meninggalkan puluhan ribu orang tewas. (SFA/PTV/MM)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: