Internasional

PM Turki Tolak Klaim Intervensi Militer di Suriah

Salafynews.com – Perdana Menteri Turki Ahmet Davutoglu menolak klaim bahwa Ankara sedang mempersiapkan intervensi militer di negara Suriah, demikian media laporan lokal Sabtu, 09/05/15.

“Tidak, sekarang ini tidak ada situasi yang membutuhkan keterlibatan Turki,” kata Davutoglu seperti dikutip oleh surat kabar Hurriyet.

Pekan ini, beberapa anggota politisi oposisi partai CHP mengklaim bahwa Partai Keadilan dan Pembangunan yang berkuasa (AKP) mungkin akan melakukan operasi militer di Suriah untuk meningkatkan popularitas menjelang pemilihan parlemen 7 Juni.

“Turki akan meluncurkan operasi militer ke Suriah malam (Kamis, red) atau Jumat,” kata sekjen  Partai Rakyat Republik (CHP) Gursel Tekin pada Kamis, dan menyebut ia menerima info dari sumber yang sangat terpercaya.

Davutoglu mengatakan situasi di Suriah selalu berubah.

“Kondisi berubah dengan cepat di Suriah,” katanya, menambahkan rezim Presiden Bashar Assad telah kehilangan bagian utama negara meskipun mendapat dukungan dari Iran dan Rusia.

Sejauh ini, Turki mendukung kelompok ISIS dan pemberontak “moderat” untuk menggulingkan Assad dan menjadi tuan rumah pertemuan-pertemuan penting pemberontak. (ss)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: