Internasional

Polisi Mesir Gagalkan Serangan Teroris di Kuil Karnak

Salafynews.com, KAIRO – Polisi Mesir telah berhasil menggagalkan rencana “pembantaian’’ oleh kelompok teroris takfiri di provinsi Luxor Timur. Polisi Mesir menghadapi tiga penyerang yang berusaha untuk masuk ke kuil terkenal dari Karnak, dekat dengan Lembah Para Raja, Rabu (10/6) kemarin.

Setelah dihentikan oleh polisi, satu penyerang tewas ketika ia meledakkan sendiri bahan peledak ditubuhnya, yang kedua ditembak mati oleh polisi dan ketiga terluka parah.

Teroris Yang TertembakDua polisi dan dua warga sipil juga terluka dalam insiden itu. Dan 600 orang yang hadir di kuil menjadi saksi pada saat kejadian.

Pihak kepolisian menyatakan bahwa jika mereka tidak bisa menggagalkan serangan tersebut, maka yang terjadi akan jauh lebih buruk dan mungkin akan seperti serangan yang terjadi di Kenya dan Tunisia baru-baru ini, dimana hampir 170 orang tewas terbunuh.

“Jika mereka berhasil masuk kuil, maka yang akan terjadi adalah sebuah pembantaian,” ungkap seorang jendral polisi.

Kuil Karnak adalah situs wisata yang paling banyak dikunjungi di Mesir setelah piramida di Giza.

Menyusul terjadinya serangan, kementrian untuk barang antik Mesir segera memerintahkan peningkatan keamanan di sekitar area turis di negara itu.

Hingga kini belum ada pihak yang mengklaim bertanggung-jawab terhadap serangan tersebut, namun biasanya insiden seperti ini dikaitkan dengan milisi takfiri yang telah bersumpah mengibarkan perang dengan Mesir dan bekerja sama dengan ISIS.

Tahun lalu, milisi takfiri ISIS melakukan serangan atas sebuah bis wisata di Semenanjung Sinai dan menewaskan tiga turis Korea beserta supirnya. (lm)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: