Eropa

Polisi Spanyol Tangkap 7 Pengumpul Dana ISIS dan Al-Qaeda

08 Februari 2016,

SALAFYNEWS.COM, MADRID – Polisi di Spanyol menangkap tujuh orang Minggu ini yang dicurigai memiliki hubungan dengan kelompok teroris, termasuk al Qaeda dan kelompok Negara Islam (ISIS), di Irak dan Suriah, menurut Kementerian Dalam Negeri. Mereka dilaporkan dituduh memasok uang dan senjata untuk ISIS dan al-Nusra.

Penangkapan tersebut sekaligus menguak adanya operasi penyelundupan senjata-senjata kepada kelompok teroris ISIS, dengan dalih bantuan kemanusiaan. Penangkapan dilakukan di kota Valencia, Alicante dan wilayah Ceuta pada Minggu, 7 Februari waktu setempat. (Baca: WELT am SONNTAG : ISIS Curi Ribuan Paspor untuk Susupkan Jihadis ke Eropa)

“Lima orang merupakan warga Spanyol asal Suriah, Yordania, dan Maroko, serta dua orang merupakan warga Suriah dan warga Maroko,” demikian keterangan kepolisian Spanyol seperti dilansir media Press TV, Senin (8/2).

Keterangan itu menyebutkan bahwa salah satu dari tersangka yang ditangkap adalah pria yang mengirimkan “material militer, material elektronik dan transmisi, senjata dan bahan-bahan untuk membuat bom”. Itu semua dikirimkan ke Suriah dan Irak melalui sebuah perusahaan. (Baca: ISIS Predator Ciptaan Saudi-Israel Untuk Acak-acak Timur Tengah dan Islam)

Selain di Spanyol, kepolisian Jerman juga tengah mengoptimalkan operasi terhadap para terduga teroris. Pihaknya kepolisian Jerman menyatakan telah menggeledah rumah dua pria yang diduga terkait kelompok teroris di Suriah. Operasi tersebut dilakukan di dekat kota Mainz, Jerman barat. Kedua pria tersebut diduga telah ikut serta dalam perang saudara di Suriah sebagai anggota sebuah kelompok teroris asing, dikutip Monitor Today (08/02).

Pernyataan itu juga menyebutkan bahwa pemimpin jaringan itu kontak “konstan” dengan anggota dari ISIS. Anggota ISIS juga dilaporkan meminta pemimpin jaringan untuk merekrut perempuan untuk bisa menikah dengan militan ISIS di Suriah, Ibtimes (08/02), melaporkan. (Baca: Gerakan Khilafah “ISIS” Dapat Perlawanan Sengit Dari Rakyat Libya)

Penyelidikan jaringan ini mulai tahun 2014, kementerian dalam negeri menambahkan bahwa kelompok itu beroperasi di negara-negara Eropa lain sebelum membangun dirinya sendiri di Spanyol. Menurut laporan, setidaknya 80 tersangka jihadis telah ditangkap di Spanyol sejak awal 2015. (SFA)

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Telegraph: ISIS Untung 20 Juta Dolar Per Bulan Dari Bursa Saham | SALAFY NEWS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: