Nasional

Politisi PKS ‘Aher ‘Diperiksa Penyidik Bareskrim 16 Jam

Salafynews.com, JAKARTA – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan merampungkan pemeriksaan di ruangan Direktorat Tindak Pidana Korupsi Badan Reserse Kriminal Polri, Jumat (15/5/2015) pukul 21.30 WIB. Nyaris 16 jam Aher diperiksa sebagai saksi perkara dugaan korupsi di stadion Gede Bage Bandung, Jawa Barat.
Ditanya mengapa pemeriksaan atas dirinya demikian lama, Aher mengaku tidak mempersoalkannya. Menurut Aher, dirinya ditanya bermacam hal oleh penyidik, mulai dari identitas, silsilah keluarga hingga perkara pokok, yakni proses penggelontoran dana dari Pemprov Jabar ke Pemkot Bandung untuk pembangunan stadion tersebut.
“Pertanyaan pokoknya mungkin sekitar 10 pertanyaan. Nah lamanya itu misalnya ditanya fungsi gubernur apa, kan kita enggak apal. Kita buka Perda, PP, Permendagri, lalu kita tulis. Yang kayak begitu boro-boro saya mau hafal,” ujar Aher usai pemeriksaan.
“Kapasitas saya sebagai gubernur, pemegang kebijakan keuangan tingkat provinsi tentu punya wewenang sesuai undang-undang memberikan bantuan keuangan,” kata Aher usai pemeriksaan di Bareskrim Polri, Jl Trunojoyo, Jakarta Selatan, Jumat (15/5/2015).
Aher mengatakan begitu bantuan dari Pemprov Jawa Barat sudah diberikan maka Pemkot Bandung yang bertanggung jawab. Maka, terkait pembangunan perencanaan, tender proyek, serta pelaksanaan di bawah pengawasan Pemkot Bandung.
“Tapi untuk hukum keuangan itu sendiri menyatakan saat bantuan sudah jatuh ke Pemkot Bandung, maka seluruhnya baik perencanaan, tender, pelaksanaan, pendayagunaan termasuk pengawasan sudah tanggungjawab Pemkot Bandung,” sebutnya.
Salah satu politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut memastikan telah menjawab pertanyaan penyidik dengan jelas dan lengkap. Aher pun berharap kepolisian dapat mengungkap dugaan tindak pidana korupsi dalam proses pembangunan stadion Gede Bage tersebut.
Secara terpisah, Direktur Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri Brigjen Ahmad Wiyagus mengatakan bahwa Aher diperiksa sebagai saksi karena dirinya adalah penguasa anggaran.
Diketahui, Pemprov Jawa Barat menggelontorkan uang ratusan miliar rupiah dalam pembangunan stadion itu. Dalam perkara ini sendiri, penyidik telah menetapkan seorang bernama Yayat Ahmad Sudrajat sebagai tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi pembangunan Stadion Gelora Bandung Lautan Api di Gedebage, Bandung.
YAS merupakan Sekretaris Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya Pemerintah Kota Bandung. Dalam gelar perkara, penyidik Bareskrim Polri melihat bahwa YAS terlibat aktif dalam praktik dugaan korupsi pembangunan stadion yang menelan biaya sebesar Rp 545 miliar tersebut. (mm/berbagaisumber)

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: BANDIT PKS, Saiful Huda Tantang Debat Terbuka Gubernur Jabar “AHER” | SALAFY NEWS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: