Eropa

Politisi Pro-Pengungsi Tewas Ditikam di Jerman

JERMAN, Salafynews.com – Seorang penyerang telah menikam dan melukai seorang calon walikota yang aktif dalam membantu pengungsi asing di kota barat Cologne, Jerman.

Polisi Jerman menggambarkan serangan pada Sabtu, yang menimpa Henriette Reker sebagai insiden “rasis” dan motif politik. Ia salah satu politisi yang aktif berjuang dengan krisis pengungsi yang melanda Uni Eropa.

Sementara itu, Merkel menyatakan “shock” atas penusukan. Ia juga diagendakan akan melakukan kunjungan resmi ke Turki pada hari Minggu untuk membahas krisis pengungsi dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, yang telah mengejek Eropa dalam pengelolahan krisis sejauh ini.

Lebih dari 630.000 orang melarikan diri dari perang yang didukung asing, terorisme, dan konflik di Timur Tengah serta Afrika Utara ke benua Eropa setelah melakukan perjalanan laut berbahaya dari Turki ke Yunani dan di Mediterania ke Italia.

Sebagian besar pengungsi tendorong untuk sampai ke Jerman sebagai salah satu negara yang memiliki prekonomian yang paling dinamis di Uni Eropa.

Sementara kebijakan Merkel terhadap pengungsi dilaporkan telah menyebabkan meningkatnya ketegangan di Jerman, mendorong reaksi dari sekutu konservatif dan menghasilkan semakin banyak protes oleh kelompok kanan.

Reker, yang digambarkan sebagai seorang politisi independen dekat dengan penguasa Merkel (CDU), ditikam di leher menurut keterangan polisi di Cologne.

Empat orang lainnya juga terluka dalam serangan itu. Kepala polisi daerah Wolfgang Albers menyatakan insiden itu bermotif “politik.”

Menurut kepolisian resmi Cologne, Norbert Wagner, penyerang Reker telah ditahan di TKP, dan pelaku mengatakan kepada pihak polisi setempat bahwa ia memiliki “motivasi rasis untuk melakukan tindakan ini.” [Sfa/Ptv]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: