Amerika

Ponsel Favorit Teroris ISIS, Ini Alasannya?

Senin, 14 Maret 2016

AMERIKA SERIKAT, SALAFYNEWS.COM – Penelitian yang mengkaji tentang sejumlah perangkat yang biasa digunakan oleh kelompok teroris ISIS dalam pembuatan bom dan alat peledak improvisasi, telah menunjukkan bahwa kelompok garis keras itu menggunakan ponsel “Nokia 105” dalam jumlah besar.

Situs berita “Youm7” menyebutkan bahwa kelompok teroris ISIS menggunakan “Nokia 105” dalam pembuatan suatu jenis alat peledak improvisasi (IED) yang dapat dikendalikan dari jarak jauh, dimana dalam pembuatannya memerlukan dua perangkat, pertama apa yang berada dalam bom dan yang kedua perangkat yang digunakan untuk mengontrol. Ponsel nokia tipe 105  paling umum di kalangan para teroris ISIS, karena harganya yang murah dan baterainya yang tahan lama.

Dengan berjalannya waktu, perangkat ponsel tersebut telah menjadi populer di kalangan jajaran kelompok teroris ISIS, karena ada peringatan keras dari pemimpin kelompok bahwa ponsel para jihadis tidak boleh ada yang  dilengkapi kamera atau aplikasi canggih.

Selain itu, murahnya harga yang tidak lebih dari 30 dolar membantu untuk dapat membelinya dalam jumlah besar untuk digunakan dalam pembuatan bom. Menurut situs berita Amerika Serikat NBC News, para peneliti menemukan ada hal khusus tentang ponsel ini yang menunjukkan bahwa perangkat tersebut merupakan yang terbaik dalam membuat bom rakitan daripada perangkat yang lainnya.

Selain itu kelompok teroris ISIS memiliki cara untuk mendapatkan ponsel tersebut dalam jumlah besar dengan harga sangat terjangkau, baik melalui  membeli atau mencuri dalam jumlah besar. [Sfa]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: