Nasional

Potret Merah Pendidikan! GURU Nasibmu Kini

Sabtu, 02 Juli 2016,

SALAFYNEWS.COM, JAKARTA – Tidaklah mudah menjadi seorang guru, karena tugas seorang guru bukan hanya mentransfer ilmu akan tetapi juga harus dapat mendidik, membentuk karakter yang berbudi pekerti luhur agar mampu menciptakan generasi cerdas yang santun, beretika dan memiliki moral baik. Saat ini profesi guru sebagai tenaga ahli profesional sedang uji dengan ke tidakpercayaan orang tua siswa atas kecakapan dan keahlian mendidik seorang guru.

Namun demikian bukan berarti semua tindakan guru dalam rangka mendidik dapat dikatakan sebagai tindakkan penaniayaan terhadap siswa, tentu guru memiliki alasan dan dasar yang kuat jika harutis mengambil tindakkan yang tegas.  Seperti orang tua yang marah kepada anaknya tentu ada tindakkan tegas seperti, memarahi, mencubit, serta melakukan hukuman yang tujuannya tidak lain tidak bukan untuk mendidik anak agar tau mana yang benar dan mana yang salah, apakah ini juga termasuk tindakan kriminaliasi terhadap anak, tentu tidak. Sudah barang tentu tindakkan tegas adalah tindak terakhir yang dilakukan oleh orang tua agar meyadarkan anaknya, sama halny juga yang dilakukan oleh guru.

Tindakkan kriminalisasi terhadap guru merupakan suatu potret dari pegesearan moral yang di contohkan dan diaplikasikan oleh orang tua siswa, yang dengan sendirinya mengajarkan kepada anak untuk tidak menghormati guru.

Guru merupakan profesi yang terhormat, mengabaikan dan tidak menghormati guru sama arti dengan merusak masa depan anak dan bangsa. Untuk itu sebagai orang tua harus lebih arif dan bijaksana dalam hal mendengarkan dan menyikapi pengaduan anak, masih banyak jalan keluar yang bisa ditempuh untuk menyelesaikan masalah ini. Maka para orang tua Stop Kriminalisasi terhadap guru jika anda tidak ingin masa depan anak dan bangsa ini menjadi hancur. (SFA)

Sumber: Kompasiana

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: