Asia

Presiden Iran: Arab Saudi dan Israel Mencoba Blokir Kesepakatan Nuklir Iran

7 Januari 2016

TEHRAN, SALAFYNEWS.COM –  Presiden Iran Hassan Rohani mengatakan bahwa negosiasi nuklir telah ditandai dengan presisi dan logika serta dengan menjaga batasan-batasannya. Dia juga menjelaskan bahwa ada beberapa pihak yang mencoba untuk menghalanginya.

Rohani menambahkan, dalam rapat kabinet, pada Rabu (06/01), bahwa dunia melihat keberhasilan negosiasi nuklir sebagai sebuah prestasi besar bagi Iran. Namun Israel dan Arab Saudi bersama dengan kelompok ekstremis Amerika mencoba untuk menghambat keberhasilan kesepakatan tersebut, sebagaimana dilansir oleh kantor berita Iran “IRNA”.

Terkait dengan perkembangan hubungan dengan Arab Saudi, Presiden Rouhani menjelaskan bahwa “bangsa Iran dan bangsa Saudi memiliki hubungan yang sangat baik, mengakar dan penuh kecintaan”, ia juga menambahkan “namun hal yang disesalkan adalah bahwa pemerintah Arab Saudi selaku negara muslim berupaya membakar konflik Sunnah-Syiah dengan tujuan menyebarkan Iran-fobia di dunia.”

Dia menekankan bahwa penyebaran para teroris di kawasan dengan uang dan senjata Saudi, sebagaimana agresi Saudi terhadap warga Yaman yang tertindas serta upaya menghalangi kemenangan Irak dan Suriah selama beberapa tahun terakhir.

Semua itu merupakan upaya Arab Saudi dalam menciptakan perselisihan Sunnah-Syiah, serta meningkatkan krisis di kawasan. [Sfa/AS]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: